Koalisi & Oposisi Kompak Dukung Sikap Pemerintah Terkait Konflik Palestina

Koalisi & Oposisi Kompak Dukung Sikap Pemerintah Terkait Konflik Palestina Kredit Foto: Antara/Adiwinata Solihin

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) terus menyuarakan pembelaan terhadap rakyat Palestina, atas aksi represif yang dilakukan Israel. Termasuk, mendukung keberpihakan pemerintah Indonesia atas nasib warga di sana.

“Kami mendukung sikap Pemerintah Indonesia, khususnya Kementerian Luar Negeri (Kemlu) yang konsisten membela hak-hak rakyat Palestina untuk dapat hidup damai, merdeka dan berdaulat di bumi Palestina,” ujar Presiden PKS, Ahmad Syaikhu, kemarin.

Baca Juga: Indonesia Bisa Jadi Kekuatan Baru Dorong Kemerdekaan Bangsa Palestina

Anggota Komisi I DPR ini juga mendukung langkah pemerintah di dunia internasional, yang lantang memberikan keberpihakan kepada Palestina. Misalnya, ketika pemerintah bersuara di Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) agar kejahatan kemanusiaan ini dibawa ke Dewan HAM dan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

“Agar keluar resolusi Dewan Keamanan PBB yang menghentikan eskalasi konflik dan memberikan sanksi internasional kepada rezim Zionis-Israel,” tegasnya.

Partai oposisi tunggal di Senayan ini juga mendorong pimpinan parlemen, baik DPR dan MPR untuk satu suara, memperkuat diplomasi pemerintah di forum internasional. Termasuk, menggalang dukungan dan solidaritas kemanusiaan untuk rakyat Palestina melalui kerjasama Inter-Parliamentary Union atau Kerjasama Antar Parlemen Dunia.

Selain itu, katanya, PKS mengajak semua pihak menghormati Masjid Al-Aqsha sebagai tempat suci umat Islam dan situs budaya di bawah pengawasan UNESCO.

Dukungan serupa diberikan Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali. Dia mengapresiasi dan mendukung langkah-langkah yang dilakukan pemerintah Indonesia guna menyelesaikan konflik yang terjadi di Gaza, Palestina.

“NasDem mendorong agar peran aktif pemerintah terus berlanjut tanpa henti, hingga terwujud kedamaian dan kemerdekaan sepenuhnya atas Palestina,” kata Ahmad Ali dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Dia menegaskan, NasDem dan rakyat Indonesia selalu mendukung sepenuhnya kedaulatan negara Palestina dan terciptanya perdamaian dunia. Seperti diketahui, sikap tegas pemerintah Indonesia disampaikan Presiden Joko Widodo dan Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi. Jokowi, memberikan cuitan di jejaring Twitter tentang konflik Israel-Palestina.

Sementara Retno mengatakan, sumber utama penderitaan Palestina adalah Israel. Aksi terbaru Israel, ucap Retno, benar-benar melukai hati, bukan hanya umat Muslim, tapi banyak orang di dunia.

Menilik data dari kantor berita Reuters, dari total 200-an korban jiwa akibat pertempuran di Palestina sejak Senin (10/5) lalu, puluhan di antaranya adalah anak-anak. Sementara Israel melaporkan 10 orang warganya tewas.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini