Trafik Telkomsel Naik 49 Persen saat Idul Fitri 2021

Trafik Telkomsel Naik 49 Persen saat Idul Fitri 2021 Kredit Foto: Telkomsel

PT Telekomunikasi Seluler atau Telkomsel mencatatkan pertumbuhan layanan data Internet hingga 49 persen atau 39,7 petabyte selama libur Idul Fitri 1442 Hijriah. Peningkatan juga terjadi untuk layanan pesan singkat dan telepon.

"Untuk layanan SMS di momen Ramadan dan Idul Fitri 2021 mengalami peningkatan sebesar 33 persen dibandingkan periode tahun sebelumnya. Sedangkan untuk layanan panggilan suara, tercatat peningkatan trafik layanan suara sebesar 4 persen dibandingkan hari biasa,” kata Direktur Network Telkomsel Nugroho dalam keterangan tertulis, Senin (17/5/2021).

Baca Juga: Wishnutama: Telkomsel Berkomitmen Buat Layanan 5G Bukan Hanya untuk Orang Kaya

Lonjakan akses data paling pesat tercatat terjadi untuk pengguna aplikasi Mobile Legends dengan pertumbuhan mecapai 169 persen. Sementara itu, akses data TikTok tumbuh 26 persen, WhatsApp meningkat 24 persen, YouTube naik 24 persen, Facebook meningkat 11 persen, dan data Instagram naik 3 persen.

Berdasarkan wilayahnya, kenaikan trafik data tertinggi tercatat di Pulau Sumatera bagian tengah, utara, dan selatan yang masing-masing tumbuh 13 persen. Adapun Jawa Timur menyusul dengan peningkatan 12 persen dan Jawa Tengah 11 persen.

Telkomsel juga mencatat sejumlah platform digital dan virtual yang berkontribusi meningkatkan akses terhadap layanan data. Nugroho merincikan, ases penggunaan layanan VoLTE naik 12 persen, layanan marketplace video on demand MAXStream Telkomsel naik 410 persen, dan layanan video conference on demand CloudX Telkomsel meningkat 68 persen.

"Kami merasa sangat senang dan bersyukur dapat selalu mendampingi pelanggan di momen Ramadan dan Idul Fitri. Semoga semua upaya yang kami lakukan dapat memberikan kemudahan dan nilai tambah kepada pelanggan,” pungkasnya.

Berita Terkait

Video Pilihan

HerStory

Terpopuler

Terkini