Bantu Orang Tua Didik Anak Ibadah, Olike Luncurkan Smart Sajadah 2

Bantu Orang Tua Didik Anak Ibadah, Olike Luncurkan Smart Sajadah 2 Kredit Foto: Olike

Pendidikan agama bagi anak selayaknya dilakukan di usia sedini mungkin. Bagi keluarga muslim, anak yang sudah berumur tujuh tahun sudah harus diajarkan tentang tata cara mendirikan salat. Salah satu tantangan bagi orang tua dalam melatih anak beribadah adalah faktor kejemuan dan monoton sehingga anak mudah terdistraksi saat belajar.

Menurut Product Manager Olike Smart Sajadah, Ichsan, sebagai orang tua, melihat anak mulai belajar ibadah tentulah hal yang membanggakan. Namun, tidak mudah melatih anak untuk menghafal setiap bacaan salat apalagi jika dilakukan dengan metode tradisional sehinga anak mudah bosan. Teknologi hadir untuk bisa mengakselerasi proses belajar ini menjadi lebih cepat dan menyenangkan untuk anak.

Baca Juga: Kembangkan Bisnis, Supermarket Setiabudhi Perluas Lahan di Summarecon Bandung

"Kami merilis Smart Sajadah sejak bulan September 2020 yang lalu. Dalam versi pertama ini, sambutan pasar sangat tinggi. Di bulan Mei ini, kami berinovasi dengan Smart Sajadah 2 dengan fitur-fitur baru yang lebih banyak dan membuat anak betah belajar salat," tutur Ichsan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (17/5/2021).

Olike Smart Sajadah 2 memiliki dua versi bacaan yang membedakannya dengan versi satu, yaitu pada bacaan iftitah, ruku, dan sujud. Adanya dua versi ini berangkat dari umpan balik yang diterima tim riset Olike dari pasar Indonesia tentang bacaan salat yang sesuai syariat.

"Misalnya pada versi 1 doa iftitah akan berbunyi Allahu akbar kabiro dan pada versi 2 doa iftitahnya akan berbunyi Allahuma baid baini. Kami menciptakan 2 versi ini pada tombol bacaan salat dan system autoplay karena menyesuaikan kebutuhan pasar," terang Ichsan.

Olike Smart Sajadah 2 secara total memiliki 26 autoplay salat, yaitu salat wajib 5 waktu, salat Jumat, 16 salat sunnah, serta 4 salat jamak. Terdapat miniatur masjid multifungsi pada bagian depan dan merupakan mesin dengan speaker yang mengeluarkan suara, termasuk kompas penunjuk arah kiblat dan sensor gerakan salat yang akan menyala disesuaikan dengan bacaan salat yang akan membimbing anak melakukan gerakan salat dengan benar. Selain itu, ada penghitung rokaat digital yang akan menampilkan jumlah rokaat yang sedang dijalankan pada saat mode auto play.

"Olike smart sajadah 2 ini akan mengajarkan anak untuk belajar salat dengan mudah dan menyenangkan. Kami menginginkan setiap anak dapat merasakan bahwa salat merupakan suatu kebutuhan, bukan sekadar kewajiban," tambahnya.

Olike Smart Sajadah 2, dijual dengan harga Rp799.000, dilengkapi pula dengan buku panduan yang interaktif dan edukatif yang di dalamnya terdapat pengertian mengenai istilah dalam salat, panduan gerakan, bacaan salat, serta aktivitas yang bisa diisi oleh anak yang dihadirkan dengan ilustrasi yang berwarna sehingga menjadikannya menarik untuk dipelajari. Hadir dalam 4 pilihan warna dan tampilan yang berbeda, tetapi dengan tombol dan fitur yang sama sehingga anak bisa memilih warna dan desain mana yang disukainya.

"Yang membanggakan bagi kami adalah Olike Smart Sajadah 2 ini sudah lulus uji dari Majelis Ulama Indonesia, baik pada desain, materi pada buku panduan maupun audionya. Sebagaimana kita ketahui, MUI adalah lembaga kredibel yang menjadi rujukan umat Islam di Indonesia. Kami tidak berani mengambil risiko menciptakan sebuah produk yang didasarkan pada asumsi semata, apalagi produk yang berkaitan dengan agama. Semuanya sudah diverifikasi dan divalidasi oleh MUI sehingga kami percaya diri bahwa Smart Sajadah ini aman bagi keluarga Muslim di Tanah Air," pungkas Ichsan.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini