Kocar-Kacir! Serangan Roket Palestina Semakin Bikin Nyali Israel Ciut

Kocar-Kacir! Serangan Roket Palestina Semakin Bikin Nyali Israel Ciut Kredit Foto: AFP/JIJI

Rakyat Palestina tidak tinggal diam dan terus berjuang akibat diperlakukan semena-mena oleh Israel. Perampasan tanah, pengusiran, serangan Israel, dan diskriminasi oleh Israel dibalas dengan serangan roket Palestina.

Kini, konflik bersenjata Palestina-Israel menjadi gejolak sejak Perang Gaza pada 2014. Hingga Minggu kemarin, setidaknya 188 orang Palestina gugur di Jalur Gaza, dan 10 warga Israel tewas dalam pertempuran udara paling intensif dalam beberapa tahun.

Baca Juga: Israel, Belum Niat Mundur? Nih Pentolan Hamas Bicara Arti Penting Masjid Al Aqsa

Roket-roket Palestina menjadi monster menakutkan bagi Israel saat ini meski Israel memiliki sistem senjata anti-rudal yang dikenal sebagai Iron Dome (Kubah Besi).

Pada Sabtu lalu, seorang pria Israel tewas setelah rentetan tembakan roket yang menargetkan Tel Aviv dan Israel tengah. Roket-roket Palestina ini menghancurkan dua hari ketenangan di wilayah tersebut. 

Bangunan dan infrastruktur telah rusak di beberapa kota di Israel tengah. Rumah-rumah warga Israel ikut hancur akibat serangan roket ini. Demikian laporan Haaretz dan Reuters, Minggu.

Haaretz melaporkan Israel melakukan ratusan serangan udara dan beberapa serangan darat di Gaza, tetapi pasukan militer Israel tidak memasuki Gaza sebagai bagian dari invasi darat. Sementara, pejuang Palestina di Jalur Gaza telah menembakkan sekitar 3.000 roket ke Israel tengah dan selatan sejak Senin pekan lalu.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan dalam jumpa pers bahwa pertempuran "berlanjut dengan kekuatan penuh," menambahkan "itu akan memakan waktu."

Perdana Menteri menambahkan Israel mendapat dukungan dari komunitas internasional, dan sekali lagi berterima kasih kepada Presiden AS Joe Biden karena mendukung Israel.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini