Ini Alasan Kenapa di Indonesia, Orang yang Sudah Vaksin Masih Harus Pakai Masker

Ini Alasan Kenapa di Indonesia, Orang yang Sudah Vaksin Masih Harus Pakai Masker Kredit Foto: Antara/Umarul Faruq

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengumumkan bahwa masyarakat yang telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 lengkap bebas beraktivitas tanpa perlu menggunakan masker. Tentunya banyak negara yang mempertanyakan perihal pernyataan tersebut.

Sebagaimana diketahui, saat ini pandemi Covid-19 masih belum menunjukkan tanda-tanda mereda. Terlebih dengan masuknya varian baru Covid-19 ke sejumlah negara termasuk Tanah Air. Tentu melepas masker bisa menjadi risiko tersendiri.

Epidemiolog dari Universitas Griffith Australia, dr. Dicky Budiman menjelaskan bahwa Amerika dan Indonesia tidak bisa disamakan. Begitu pula halnya dengan kebijakan yang diterapkan antara dua negara tersebut.

Baca Juga: Nah Lho Iri Gak? Orang Australia sama Selandia Baru Bebas Datangi Konser Tanpa Masker

"Ditambah lagi vaksinasi rate Indonesia masih rendah. Amerika tuh sudah mau mendekati 50 persennya. Jadi tidak bisa dikomparasi apple to apple. Kita malah semakin serius ini, malah kalau kita justru harus dua lapis maskernya," terang dr. Dicky, saat dihubungi, Jumat (14/5).

Dokter Dicky pun menggambarkan hal yang bakal terjadi seumpama Indonesia mengikuti kebijakan yang diumumkan CDC untuk boleh tidak mengenakan masker usai divaksinasi.

"Kalau di Indonesia tidak pakai masker, bisa celaka kita. Apalagi dengan ditambah banyaknya varian Covid-19 di Indonesia dan belum terkendali. Statusnya itu belum terkendali dan bahaya ini, bisa memperburuk situasi," tuntasnya.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini