Indonesia Kirim Bantuan Oksigen untuk Tangani Covid-19 di India

Indonesia Kirim Bantuan Oksigen untuk Tangani Covid-19 di India Kredit Foto: Antara/REUTERS/Adnan Abidi

Pemerintah Indonesia mengirimkan bantuan kemanusiaan berupa 200 unit oxygen concentrator ke India untuk menangani kasus Covid-19 yang terus meningkat, pada Rabu, 12 Mei 2021. Bantuan ini dikirimkan dengan Pesawat Garuda Indonesia pukul 14.00 WIB, dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan bantuan diberikan untuk membantu penanganan pandemi Covid-19 di India yang saat ini tengah memburuk. Bantuan ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, untuk membantu India.

Baca Juga: Palu Resmi Diketok, WHO Resmi Cantumkan Kategori Variant of Concern pada Covid-19 India

"Bantuan kemanusiaan ini adalah bentuk solidaritas bangsa dan rakyat Indonesia kepada India," kata Retno dalam konferensi pers, Rabu (12/5/2021).

Pada 10 Mei lalu, Retno menyebut pemerintah bersama pelaku dan asosiasi industri Indonesia juga telah mengirimkan 1.400 tabung oksigen silinder ke India. Ia mengatakan Indonesia memahami kebutuhan akan oksigen yang tinggi di India, pasca ledakan kasus Covid-19 terjadi selama sebulan terakhir.

Retno mengatakan Indonesia dan India adalah sahabat lama, sahabat dekat, sekaligus mitra strategis. Persahabatan dua negara, kata dia, telah terjalin sejak masa Presiden Soekarno dan Perdana Menteri Pandit Jawaharlal Nehru, sampai sekarang di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo dengan Perdana Menteri Narendra Modi.

Apalagi, ia mengatakan sejak awal pandemi Indonesia dan India sudah bekerja sama melawan Covid-19. Saat itu, Retno menyebut pemerintah India memfasilitasi Indonesia untuk ekspor bahan baku obat yang saat itu sangat diperlukan indonesia.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini