Tak Mudik, Yuk Belanja Online untuk Keluarga di Kampung

Tak Mudik, Yuk Belanja Online untuk Keluarga di Kampung Kredit Foto: Istimewa

Pemerintah kembali melarang aktivitas mudik di hari raya Idul Fitri tahun ini.

Sebagai gantinya, masyarakat diminta untuk melakukan aktivitas bermanfaat lainnya, dengan membelikan bingkisan tanda mata kepada keluarga di kampung melalui marketplace dan e-commerce lainnya.

Saat ini pemerintah memang sedang giat mendorong belanja online. Beberapa waktu lalu bahkan pemerintah memberikan insentif sebesar Rp500 miliar untuk perdagangan online.

Dengan cara itu, diharapkan kegiatan ekonomi terus berjalan tetapi meminimalkan interaksi dan kerumunan di tempat-tempat perdagangan konvensional.

Silaturahmi pada momen lebaran ini diharapkan juga tidak membuat kerumunan-kerumunan atau interaksi antar-kota yang membuka peluang meningkatnya penderita Covid-19.

Pelajaran dari India dianggap seharusnya membuat Indonesia makin berhati-hati. Oleh karena itu, pemerintah mengantisipasi agar momentum hari raya lebaran kali ini tidak membawa dampak Kesehatan dan keselamatan masyarakat.

Pada masa pandemi peningkatan bukan saja terjadi dalam aspek nominal tetapi juga pengguna dan varian produk yang dibeli.

Selain itu, Wamendag menekankan bahwa perdagangan online sudah makin meluas dan dilakukan oleh banyak sekali pelaku UMKM. Karena itu, dengan menggalakkan belanja online di Hari raya bisa membangkitkan ekonomi masyarakat juga.

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini