Perkembangan Bisnis Packaging PT Prima Makmur Rotokemindo di Masa Pandemi

Perkembangan Bisnis Packaging PT Prima Makmur Rotokemindo di Masa Pandemi Kredit Foto: PT Prima Makmur Rotokemindo

Pandemi Covid-19 telah menghempas lebih dari satu tahun dan tidak banyak perusahaan yang mampu bertahan terkena dampaknya. Mulai dari penurunan daya beli dan juga berbagai kondisi lainnya, akhirnya berpengaruh pada kebijakan perusahaan, terutama masalah protokol kesehatan. 

Ada beberapa sektor bisnis yang ternyata mampu bertahan, salah satunya bisnis packaging. PT Prima Makmur Rotokemindo adalah salah satu perusahaan yang mampu bertahan.

Baca Juga: Kembangkan Bisnis, Supermarket Setiabudhi Perluas Lahan di Summarecon Bandung

PT Prima Makmur Rotokemindo sendiri adalah produsen kemasan pangan & kemasan non pangan lokal yang telah memiliki lebih dari 50 klien yang berada di dalam maupun luar negeri. Pada tahun 2015, perusahaan packaging ini juga sudah tersertifikasi FSSC 22000 (Food Safety Management Systems) untuk menjamin bahwa kemasan yang dihasilkan layak pakai sebagai bahan kemas makanan.

“Kami merasa sangat bersyukur bahwa di masa pandemi bisnis kami masih bisa berjalan, walaupun dengan banyak penyesuaian terutama masalah protokol kesehatan supaya kami tetap bisa memberikan yang terbaik untuk karyawan dan klien-klien kami.” kata Arief Santoso, Sales & RnD Director.

Beberapa kebijakan baru memang diberlakukan di PT Prima Makmur Rotokemindo sendiri, salah satunya adalah mengharuskan setiap tamu yang datang membawa dokumen kesehatan berupa pernyataan negatif Covid-19 dengan metode tes swab antigen. Untuk semua pegawai juga diharuskan mengikuti peraturan perusahaan berkaitan dengan social distancing dan melaporkan kondisi kesehatan kepada tim HRD.

Bahkan untuk mendukung gerakan anti mudik perusahaan melakukan penyuluhan kepada karyawannya untuk tidak mudik dan wajib melakukan PCR jika terlibat pada acara kerumunan.

Dilansir dari Kompas.com, sebanyak 1,9 juta orang telah di PHK dan dirumahkan sejak pandemi terjadi. Hal yang berbeda di PT Prima Makmur Rotokemindo yang sudah berdiri selama 45 tahun, mereka masih bisa mempertahankan para karyawannya yang berjumlah lebih dari 1000 orang dengan gaji penuh, memberikan THR dan bahkan saat ini mereka masih membuka lapangan pekerjaan baru.

Kedepannya, PT Prima Makmur Rotokemindo juga berencana untuk membuka pesanan dari partai kecil sehingga UMKM pun bisa menjadi klien mereka. Selain itu mereka juga berharap dengan rencana ini dapat membantu pemulihan ekonomi nasional.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini