Yang Nonmuslim Boleh Kok Makan Bipang, yang Penting Semua Rukun!

Yang Nonmuslim Boleh Kok Makan Bipang, yang Penting Semua Rukun! Kredit Foto: Instagram Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru-baru ini mempromosikan makanan khas daerah di Nusantara, hal itu berkaitan dengan kebijakan pemerintah yang melarang warga untuk mudik.

Nah, yang paling menuai kontroversial adalah saat Jokowi menyebut bipang Ambawang, bipang sendiri kalau di Kalimantan Barat adalah makanan babi panggang, dan tentu babi adalah makanan yang haram dimakan oleh umat Islam.

"Untuk Bapak, Ibu, dan Saudara-saudara yang rindu kuliner khas daerah atau yang biasanya mudik membawa oleh-oleh, tidak perlu ragu untuk memesannya secara online. Yang rindu makan gudeg Jogja, bandeng Semarang, siomay Bandung, empek-empek Palembang, bipang Ambawang dari Kalimantan, dan lain-lainnya tinggal pesan, dan makanan kesukaan akan diantar sampai ke rumah" kata Jokowi, Sabtu (8/5/2021).

Menanggapi viral dan kontroversinya video itu, puteri Gus Dur yang sekaligus Komisaris Garuda menanggapi santai atas polemik pernyataan Presiden Jokowi itu.

"Idulfitri tahun 2021 ini rupanya langsung disusul dengan hari Kenaikan Isa Almasih, jadi ini memang momen mudik bagi semua, baik yang muslim dan nonmuslim. Buat yang muslim makannya jipang aja, tapi yang nonmuslim boleh kok makan bipang, yang penting semua kita rukun sebangsa setanah air," kata Yenny dalam video tiktoknya.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini