Presiden Palestina Teriak Minta Pertolongan ke PBB atas Kebejatan Israel

Presiden Palestina Teriak Minta Pertolongan ke PBB atas Kebejatan Israel Kredit Foto: Reuters/AmmarAwad

Presiden Palestina Mahmoud Abbas mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengadakan pertemuan darurat demi melindungi rakyat Palestina menyusul kekerasan Israel terhadap warga Palestina di Yerusalem.

Presiden Abbas mengatakan bahwa pemerintah Israel bertanggung jawab penuh atas insiden baru-baru ini di Yerusalem, serta segala dampak yang timbul dari eskalasi yang sedang berlangsung. Dia menggarisbawahi bahwa "kebrutalan dan terorisme" para pemukim Israel di Yerusalem Timur hanya akan membuat warga Palestina semakin terikat pada hak nasional mereka.

Baca Juga: Tak Gentar Melawan Israel, Indonesia Lantang Sebut Berdiri di Belakang Palestina

Sejauh ini, 178 warga Palestina terluka dalam serangan Israel di Masjid Al-Aqsa oleh pasukan Israel, yang menahan puluhan warga.

Baca Juga: Parpol Paling Berkuasa di Turki Bicara Soal Aneksasi Israel di Palestina

ementara itu, bentrokan juga terjadi antara warga Palestina dan pasukan keamanan Israel yang mencoba memasuki Al-Aqsa melalui Bab Al-Silsila, salah satu pintu gerbang masjid. Masjid Al-Aqsa adalah situs paling suci ketiga di dunia bagi umat Islam. Orang Yahudi menyebut daerah itu "Temple Mount," mengklaim itu adalah situs dari dua kuil Yahudi di zaman kuno.

Israel menduduki Yerusalem Timur, tempat Al-Aqsa berada, selama perang Arab-Israel 1967. Negara penjajah itu mencaplok seluruh kota tersebut pada 1980 dengan sebuah tindakan yang tidak pernah diakui oleh komunitas internasional.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini