Innalillahi, Kebiadaban Israel di Tanah Yerusalem Bikin Negara-negara Arab Gatal

Innalillahi, Kebiadaban Israel di Tanah Yerusalem Bikin Negara-negara Arab Gatal Kredit Foto: Antara/REUTERS/Mohamad Torokman

Beberapa negara Arab dan lembaga Islam terkemuka mengecam rencana penggusuran oleh Israel terhadap warga Palestina di Yerusalem Timur.

Mereka juga mengecam serangan Israel terhadap jamaah yang melakukan sholat di Masjid Al-Aqsa yang menjadi titik nyala di Yerusalem.

Baca Juga: Perhatian, MUI Mulai Bicara Soal Penyerangan Israel atas Masjid Al Aqsa

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Arab Saudi mengutuk tindakan sepihak Israel yang merusak peluang melanjutkan pembicaraan damai.

"Kami menolak rencana dan tindakan Israel untuk menggusur rumah-rumah warga Palestina di Yerusalem dan untuk memaksakan kedaulatan Israel pada mereka," papar pernyataan Kemlu Saudi.

Kementerian Luar Negeri Mesir mengecam pembobolan Masjid Al-Aqsa oleh pasukan Israel dan serangan terhadap jamaah sholat.

"Pengusiran keluarga Palestina di lingkungan Sheikh Jarrah merupakan pelanggaran resolusi legitimasi internasional dan hukum humaniter internasional," papar pernyataan Kemlu Mesir.

Kementerian Luar Negeri Kuwait juga mengecam insiden di masjid tersebut dan menganggapnya sebagai tantangan terang-terangan bagi perasaan umat Islam dan aturan hak asasi manusia.

Kuwait meminta otoritas Israel bertanggung jawab atas eskalasi berbahaya dan konsekuensi yang mungkin ditimbulkan.

Sementara itu, Universitas Al-Azhar Mesir, otoritas tertinggi pendidikan Muslim Sunni, mengecam serangan Israel terhadap jamaah Palestina.

Tindakan Israel itu oleh Universitas Al-Azhar Mesir dianggap sebagai "terorisme Zionis brutal dalam kebungkaman internasional yang memalukan terhadap apa yang terjadi di Yerusalem.”

Sementara itu, Persatuan Islam untuk Cendekiawan Muslim (IUMS) memuji ketabahan warga Yerusalem Palestina dalam menghadapi agresi Israel yang berencana mengusir mereka dari rumah mereka.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini