Cek Fakta! 54 Persen Milenial Perempuan Jabar Cuma Lulus SMP

Cek Fakta! 54 Persen Milenial Perempuan Jabar Cuma Lulus SMP Kredit Foto: Rahmat Saepulloh

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Barat mencatat  jumlah generasi milenial di Jawa Barat hasil Sensus Penduduk 2020 mencapai 12,65 juta jiwa dan hampir separuhnya adalah perempuan (49,23%). Dari sisi pendidikan, rata-rata lama sekolah perempuan milenial Jawa Barat mencapai 10,11 tahun. Di perkotaan, perempuan milenial yang tamat SMA dan Perguruan Tinggi  sebesar 45,27%, dan sisanya masih tamatan SMP ke bawah (54,73%). 

Baca Juga: Kepala BPS Sebut Sektor Pertanian Konsisten Tumbuh Positif

Profil generasi milenial yang disampaikan menunjukkan masih adanya kesenjangan antara perempuan dan laki-laki milenial, serta antara perempuan milenial di perkotaan dan perdesaan. 

Demikian disampaikan Kepala BPS Jawa Barat, Dyah Anugrah Kuswardani dalam webinar dengan tema “Kiprah Perempuan Milenial dalam Pembangunan,” pada Kamis, (6/5/2021)

Baca Juga: Meski Negatif, BPS Nilai Pertumbuhan Ekonomi Mulai Membaik

Dyah mengatakan tingginya angka milenial perempuan Jawa Barat yang hanya lulusan SMP terutama terjadi di pedesaan dikarenakan faktor keterbatasan ekonomi. 

"Saya pikir milenial itu jauh lebih baik dibandingkan dengan generasi babby bommer sebelumnya, ternyata generasi Milenial pun . Perempuan Milenial di Jawa Barat pendidikannya ternyata mayoritas SMP ke bawah. Terutama di pedesaan. Ini yang menjadi pekerjaan rumah kita bersama," jelasnya.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini