Putin Banding-bandingkan Vaksin Sputnik V dengan AK-47, Apa Maksudnya?

Putin Banding-bandingkan Vaksin Sputnik V dengan AK-47, Apa Maksudnya? Kredit Foto: Getty Images/TASS/Mikhail Klimentyv

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan vaksin buatan Rusia "bisa diandalkan seperti senapan serbu Kalashnikov".

Dia menyebutkannya dalam konferensi video dengan Deputi Perdana Menteri Tatyana Golikova pada Kamis (6/5/2021). Komentar tersebut dilontarkan Putin seiring dengan langkah pejabat kesehatan di negara itu mendaftarkan versi dosis tunggal vaksin Sputnik V, yang diberi nama Sputnik Light.

Baca Juga: Hak Paten Vaksin Covid-19 Belum Dillirik Biden, Industri Farmasi Ketar Ketir karena...

Perbandingan Putin merujuk pada senjata AK-47 era Uni Soviet yang masih populer dan digunakan secara luas sampai hari ini.

Dia mengutip komentar yang awalnya dibuat oleh seorang dokter Austria awal tahun ini tentang efikasi vaksin tersebut.

Vaksin Sputnik V bekerja dengan cara serupa dengan vaksin yang dikembangkan Oxford/AstraZeneca dan Janssen/Johnson & Johnson. Vaksin tersebut menggunakan virus flu biasa, yang direkayasa sehingga tidak berbahaya, sebagai carrier untuk mengantarkan fragmen kecil virus corona ke dalam tubuh.

Para pengkritik pemerintahan Putin skeptis ketika vaksin tersebut dengan cepat mendapat persetujuan dari regulator di Moskow tahun lalu, walau uji coba tahap akhir menemukan bahwa vaksin itu memberikan level perlindungan yang tinggi dari Covid-19.

Versi dua dosis dari vaksin tersebut sudah mendapat persetujuan di puluhan negara lain di seluruh dunia.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini