Ramalan Pilpres 2024: Bakal Muncul Empat Paslon

Ramalan Pilpres 2024: Bakal Muncul Empat Paslon Kredit Foto: Antara/Ardiansyah

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin memprediksi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 bakal diikuti oleh 4 pasangan calon (Paslon) dan dipastikan tanpa calon incumbent.

"Karena syaratnya 20% maka kemungkinan maksimal pasangan 4 pasang paslon. Karena tak ada incumbent. Jadi para capres dan cawapres yang saat ini sudah bergerilya akan maju dan bertarung di Pilpres 2024," ujarnya saat dihubungi, Jumat (7/5/2021).

Baca Juga: Menakar Peluang Anies Baswedan di Pilpres 2024

Menurut Ujang, tak adanya incumbent itu menjadi kunci, karena siapa pun memungkinkan menang, asalkan memiliki popularitas dan elektabilitasnya tinggi. Kendati begitu, soal simulasinya siapa saja yang akan berpasangan, masih cukup dinamis karena semua masih tebar pesona ke rakyat. "Simulasi itu bisa kelihatan jika popularitas dan elektabilitas para capres dan cawapres sudah tinggi," jelas Ujang.

Analis Politik asal Universitas Al Azhar Indonesia itu menambahkan, karena berpasangan itu mesti rasional dan ingin berpotensi menang, maka masing-masing tokoh secara personal masih melakukan strategi politik yang efektif. "Jadi saya masih belum melihat simulasi calon dengan pas. Karena mereka masih jalan untuk naikan popularitas dan elektabilitasnya," tandasnya.

Baca Juga: Anies Ulang Tahun Ke-52, Doa dari Netizen Mengalir Deras, Masya Allah!

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini