Apa Itu Customer Engagement?

Apa Itu Customer Engagement? Kredit Foto: Istimewa

Bagi banyak pemasar, kinerja pemasaran produk didasarkan pada satu metrik, yaitu rasio konversi. Begitulah cara pemasar untuk menilai apakah ada kampanye yang berhasil atau tidak.

Namun, saat ini pasar dipenuhi dengan berbagai brand yang menjual ribuan produk dan layanan yang serupa, dan ini berarti penawaran diskon, perjalanan transaksi yang bersih, dan segmen pasar tidaklah cukup untuk membedakan brand Anda dengan yang lain. Mengapa? Karena setiap orang dapat memberikan pengalaman menjelajah saat memutuskan pembelian di tingkat awal.

Baca Juga: Apa Itu Brand Management?

Namun, ekspektasi konsumen telah meningkat setelah pengalaman tersebut. Pelanggan ingin brand Anda bisa membuktikan bagaimana cara bisnis mereka dapat dihargai, bukan dengan diskon atau taktik giveaway saja.

Pelanggan akan pergi ke brand yang lebih dari sekadar melakukan penjualan dan melakukan percakapan dengan audiens mereka. Konversi masih menjadi tujuan akhir dalam gelombang baru pemasaran customer engagement ini, tetapi brand yang dapat memberikan konten yang relevan dan dapat membantu, informatif, dan menginspirasi pelanggan akan menikmati pertumbuhan yang lebih baik daripada brand yang hampir tidak bisa melakukan itu semua. Oleh karena itu, Anda perlu memikirkan dan mempertimbangkan kembali customer engagement bisnis Anda.

Mengenal Apa Itu Customer Engagement

Customer engagment didefinisikan sebagai strategi pemasaran yang berfokus pada peningkatan keterlibatan pelanggan dengan cara menyampaikan pesan yang telah dipersonalisasi dan berinteraksi dengan pelanggan di saluran mana saja yang mereka sukai.

Idealnya, keterlibatan pelanggan yang baik adalah percakapan secara dua arah, dan konten adalah media utama bagi sebuah brand untuk dapat memulai dan mempertahankan percakapan tersebut. Perusahaan dapat terlibat dengan pelanggannya di berbagai saluran termasuk email, situs web, media sosial, forum komunitas, dan masih banyak lagi. Anda bisa mulai mempelajarinya sehingga Anda dapat memprediksi perilaku pelanggan di masa mendatang, merekomendasikan produk, dan memperkaya percakapan untuk menawarkan kepada pelanggan sesuatu yang lebih besar daripada produk dan layanan Anda sendiri.

Pelanggan akan mendapatkan keuntungan yang signifikan dari ini karena itu semua adalah bentuk pemasaran yang telah personalisasi sehingga dapat memastikan bahwa brand Anda akan memberikan apa yang mereka inginkan, mengatasi masalah mereka, dan menawarkan solusi yang menciptakan respons emosional. Ini adalah cara terbaik bagi suatu brand untuk dapat menunjukkan betapa berharganya pelanggan setia retail di tahun-tahun yang akan datang.

Mengapa Customer Engagement Itu Penting?

Riset dari Gallup menunjukkan bahwa pelanggan yang terlibat sepenuhnya mewakili pendapatan 23% lebih banyak daripada rata-rata. Jika Anda tidak memiliki strategi keterlibatan pelanggan, Anda bisa kehilangan peluang untuk berinteraksi dengan pelanggan dan membangun hubungan dengan mereka.

Tidak ada metode keterlibatan pelanggan tunggal yang berhasil untuk setiap perusahaan di semua industri. Namun, Anda bisa berempati empati, memberikan kejelasan, dan menunjukkan kesederhanaan jika berurusan dengan pelanggan dan prospek harus menjadi dasar untuk semua aktivitas keterlibatan pelanggan Anda.

Ada banyak contoh keterlibatan pelanggan yang positif yang dapat digunakan untuk membuat model strategi ini; Beberapa brand besar menggunakan segalanya mulai dari akun media sosial yang menarik dan responsif hingga diskon dan penawaran yang sudah dipersonalisasi untuk menginspirasi kesetiaan dan kasih sayang pada pelanggan mereka.

Bagaimana Cara Menerapkan Customer Engagement yang Hebat?

Hal pertama yang harus diputuskan oleh tim pemasaran Anda adalah apa yang merupakan pemasaran keterlibatan pelanggan yang hebat untuk merek Anda. Itu semua tergantung pada konten dan audiens Anda. Cerita seperti apa yang akan Anda bagikan?

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini