Stasiun Televisinya Masih Tak Terkalahkan, Begini Respons Hary Tanoe...

Stasiun Televisinya Masih Tak Terkalahkan, Begini Respons Hary Tanoe... Kredit Foto: Ist

PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) telah berhasil mempertahankan dominasinya untuk mencatat pangsa pemirsa tertinggi di industri pada slot Prime Time dan Non-Prime Time, didukung oleh berbagai produksi in-house di berbagai kategori konten.Sampai dengan April 2021, MNCN berhasil membukukan pangsa pemirsa sebesar 52,4% di Prime Time dan 40,4% di Non-Prime Time, peningkatan yang signifikan masing-masing dari 34,2% dan 34,6% pada periode yang sama tahun lalu.

““Kami senang untuk terus dapat memperkuat kinerja operasional 3 bisnis utama kami tahun ini. Dengan bangga, statistik menunjukkan bahwa kami telah memperkuat posisi terdepan di TV FTA, kinerja konten/program, media sosial, portal berita, dan yang terakhir super-app kami, RCTI+. Selain itu, permintaan iklan di semua lini media kami sangat luar biasa, walaupun adanya pengaruh yang disebabkan oleh pandemi COVID-19. Ini merupakan tugas kami di MNCN untuk mempertahankan kinerja yang luar biasa ini dan saya sangat bersemangat untuk dapat melihat hasil kinerja yang positif bagi Perseroan di tahun 2021,” kata Hary Tanoesoedibjo, Executive Chairman MNC Group, dalam keteerangan resmi di Jakarta, Rabu (5/5/2021).

Drama unggulan Perseroan, Ikatan Cinta, melanjutkan kinerja luar biasanya dengan terus menempati puncak program terbaik di televisi dengan rata-rata rating 11,4% dan pangsa pemirsa sebesar 41,5% selama 194 hari pada 30 April 2021, sejak ditayangkan perdana pada 19 Oktober 2020. Selain itu, serial drama peringkat 1 di Indonesia ini telah menerima penghargaan dari MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) dan masuk ke dalam buku rekor sebagai serial drama pertama di sejarah FTA TV yang dapat meraih lebih dari 40% pangsa pemirsa untuk 100 hari berturut-turut, dan masih secara konsisten menghasilkan lebih dari 40% pangsa pemirsa hingga 24 April 2021.

Baca Juga: Layanan OTT Milik MNC Grup Gandeng Layanan Streaming Video Punya Telkomsel Buat . . .

Program lainnya yang dimiliki Perseroan juga menunjukkan kinerja yang luar biasa sampai dengan April 2021, dengan masuknya 16 dari 20 Top program disiarkan oleh FTA TV Perseroan dibandingkan dengan 3 dari 20 program pada periode yang sama tahun lalu.

Sepanjang tahun 2021, Perseroan akan terus mempertahankan kinerja TV yang luar biasa dengan rangkaian program yang terbaik, baik program reguler maupun program spesial, semuanya diproduksi secara in-house di fasilitas studio milik MNCN, sebuah strategi yang memungkinkan Perseroan untuk dapat memaksimalkan pendapatan iklannya, dengan memberikan fleksibilitas untuk menempatkan iklan non-reguler atau iklan yang ditempatkan dalam konten (built-in, iklan virtual, squeeze frame, running text, dll). Beberapa program yang akan datang bagi Perseroan adalah sebagai berikut.

Kinerja media sosial MNCN terus menunjukkan dominasinya sampai dengan April 2021, dengan jumlah subscribers/followers dan views yang sangat besar. Berbagai channel YouTube Perseroan menghasilkan lebih dari 133 juta subscribers dan 41,9 miliar views pada April 2021. Selain itu, unit multi-channel network (MCN) milik Perseroan juga berkembang, dimana telah memperoleh 66,2 juta subscribers dan 7,3 miliar views. Dalam kurun waktu kurang dari 10 bulan. Monetisasi media sosial MNCN lainnya di Facebook (dibentuk: Juli) dan TikTok (dibentuk: September) juga berkinerja dengan baik, yang hingga saat ini memiliki basis followers yang sangat besar, masing-masing mencapai lebih dari 51 juta dan 55 juta followers.

Baca Juga: Pengguna Lebih dari 200 Juta, MNC Grup Kuasai Media Digital & TV di Indonesia Lewat BMTR

Sementara itu, 4 portal online Perseroan yaitu okezone.com, sindonews.com, iNews.id, dan idxchannel.com menunjukkan daya tarik yang kuat dalam peningkatan Monthly Active Users (MAU), dimana mencapai lebih dari 75 juta, ini merupakan rekor kolektif tertinggi, yang dicapai pada akhir Maret 2021. MNCN juga baru saja menambah 1 portal online baru di bawah operasinya yang bernama celebrities.id, diposisikan sebagai portal online untuk liputan berita yang berkualitas dan eksklusif di industri hiburan.

Adapun, perseroan juga mengalami pertumbuhan MAU yang pesat di bawah super-appnya yang disebut RCTI+ dengan 30,5 juta per April 2021, ini mewakili pertumbuhan lebih dari 3,9x dalam jumlah penonton unik bulanan dari Januari 2020 - April 2021. Dengan berbagai inisiatif yang telah diimplementasikan dan dengan berbagai strategi baru yang telah disiapkan, Perseroan menargetkan aplikasi super tersebut dapat mencapai setidaknya 40 juta MAU pada akhir tahun ini.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini