Biden Targetkan 70 Persen Rakyat Amerika Divaksin di Hari Kemerdekaan Negara

Biden Targetkan 70 Persen Rakyat Amerika Divaksin di Hari Kemerdekaan Negara Kredit Foto: Getty Image/AFP

Presiden Joe Biden menargetkan 70 persen orang dewasa Amerika Serikat (AS) menerima vaksin Covid-19 dosis pertama, pada Hari Kemerdekaan 4 Juli. Biden juga mengatakan, pemerintah akan menjadwalkan untuk memberikan vaksin kepada anak berusia 12 hingga 15 tahun segera mungkin.

Biden sebelumnya telah menargetkan agar orang Amerika dapat berkumpul dalam kelompok-kelompok kecil untuk merayakan Hari Kemerdekaan pada 4 Juli. Biden mengatakan, pemerintahannya akan fokus untuk menyebarkan vaksin ke daerah pedesaan.

Baca Juga: Biden Bakal Berpidato dalam Rapat Paripurna 100 Hari Jadi Presiden Amerika, Apa Prestasinya?

"Sekarang kami memiliki pasokan vaksin, kami fokus untuk meyakinkan lebih banyak orang Amerika untuk datang dan mendapatkan vaksin yang tersedia bagi mereka," kata Biden kepada wartawan di Gedung Putih.

"Jika kami berhasil dalam upaya ini, maka orang Amerika akan mengambil langkah serius menuju kehidupan yang normal kembali," ujar Biden menambahkan.

Biden juga menargetkan 160 juta orang dewasa telah menerima dosis vaksin Covid-19 kedua pada 4 Juli. Seorang pejabat pemerintahan Biden mengatakan, sebanyak 105 juta orang Amerika telah menerima vaksin kedua, dan lebih dari 56 persen orang dewasa AS, atau 147 juta orang, telah menerima setidaknya vaksin dosis pertama.  

 "Ada banyak orang yang lebih muda, terutama mereka yang berusia 20-an dan 30-an tahun yang percaya bahwa mereka tidak membutuhkannya (vaksin Covid-19). Saya ingin menjelaskan secara mutlak bahwa Anda memang perlu divaksinasi," kata Biden.

Sejak menjabat, Biden dan timnya berulang kali telah menetapkan tujuan agar 100 juta orang divaksinasi selama 100 hari pertamanya menjabat, target yang kemudian meningkat menjadi 200 juta orang, hanya untuk melampaui mereka.

"Salah satu karakteristik dari pendekatan Biden terhadap pandemi  Covid-19 adalah underpromise & overdeliver. Jadi ketika mereka mengatakan bahwa mereka menargetkan 70 persen orang dewasa telah menerima setidaknya satu suntikan pada 4 Juli, itu berarti mereka cukup yakin mereka dapat melakukannya dengan lebih baik," ujar Ketua Departemen Kedokteran di Universitas California, San Francisco, Robert Wachter.

Presiden menjelaskan bahwa pemerintahannya bersiap untuk memberikan vaksin untuk anak usia 12 hingga 15 tahun setelah disahkan oleh Food and Drug Administration (FDA).  Vaksin saat ini mencakup usia 16 tahun ke atas.

"Saya ingin orang tua Amerika tahu bahwa jika pengumuman itu datang, kami siap segera pindah," kata Biden.

Biden menambahkan bahwa, 20 ribu apotek di seluruh negeri akan digunakan sebagai tempat vaksinasi setelah ada persetujuan dari FDA.

Tingkat vaksinasi di sejumlah negara bagian bervariasi.  Lebih dari 57 persen orang yang memenuhi syarat di New Hampshire, Massachusetts dan Vermont telah menerima vaksin. Semetara kurang dari 33 persen warga di Mississippi, Louisiana dan Alabama telah menerima vaksin.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini