Apa Itu Strategi Pemasaran?

Apa Itu Strategi Pemasaran? Kredit Foto: Indianaexpress.com

Memiliki strategi pemasaran yang baik adalah kunci keberhasilan semua jenis bisnis. Tanpa adanya strategi pemasaran, bisnis Anda tidak akan memiliki fokus. Tanpa adanya fokus, Anda akan gagal mencapai salah satu tujuan dan sasaran yang telah Anda tetapkan. Kegagalan merencanakan berarti gagal dalam membangun bisnis.

Pemasaran bukanlah aktivitas yang bisa berdiri sendiri dan hanya dilakukan dalam waktu satu kali saja. Aktivitas ini terdiri dari beberapa komponen berbeda yang diperlukan di setiap tahap usaha bisnis-dari sebelum penjualan dilakukan hingga lama setelahnya. Dengan begitu, banyak hal yang terjadi sehingga penting untuk memiliki strategi pemasaran yang baik.

Baca Juga: Apa Itu Payment Gateway?

Strategi Pemasaran, Sebuah Langkah Menuju Bisnis yang Sukses

Strategi pemasaran adalah tujuan dan sasaran pemasaran perusahaan yang digabungkan menjadi satu rencana yang komprehensif. Eksekutif bisnis akan menarik strategi pemasaran yang sukses dari riset pasar. Aktivitas ini juga berfokus pada bauran produk yang tepat sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan yang paling banyak.

Sederhananya: strategi pemasaran adalah strategi yang dirancang untuk mempromosikan barang atau jasa sehingga akan menghasilkan keuntungan. Dalam konteks ini, kata 'barang' berarti sama dengan 'produk'.

Strategi pemasaran yang baik membantu perusahaan untuk bisa mengidentifikasi pelanggan terbaik mereka. Ini juga membantu mereka dalam memahami kebutuhan konsumen. Dengan strategi yang baik, sangat memungkinkan untuk menerapkan metode pemasaran yang paling efektif. Sebuah rencana pemasaran real estate yang baik, misalnya, membutuhkan keterlibatan komunitas yang luas dan jaringan pribadi. Strategi pemasaran yang menyeluruh mencakup "empat P" pemasaran: produk, price atau harga, place atau tempat, dan promosi.

Strategi pemasaran yang jelas harus berkisar pada proposisi nilai perusahaan, yang bisa menyampaikan kepada konsumen tentang untuk apa perusahaan itu berdiri; bagaimana cara perusahaan itu beroperasi; dan mengapa itu layak untuk bisnis mereka. Ini akan memberi tim pemasaran template yang harus menginformasikan inisiatif mereka di semua jajaran produk dan layanan perusahaan. Misalnya, Walmart secara internasional telah dikenal sebagai retailer dengan harga terendah, yang operasi bisnis dan upaya pemasarannya berakar pada ide tersebut.

Pentingnya Memiliki Strategi Pemasaran dalam bisnis Anda

Memilih strategi pemasaran yang sesuai untuk perusahaan akan membawa keuntungan besar seperti:

a. Meningkatkan penjualan.

b. Menciptakan pertumbuhan yang berkelanjutan bagi perusahaan.

c. Memahami apa yang diinginkan oleh pelanggan Anda.

d. Anda akan memenuhi kebutuhan dan melebihi harapan pelanggan.

e. Anda akan memperkuat hubungan dengan target pasar.

f. Anda bisa melakukan brand building di benak konsumen.

Segmentasi Pasar dalam Strategi Pemasaran

Strategi ini diciptakan untuk memutuskan segmen pasar mana yang telah dikelompokkan menjadi beberapa jenis. Segmentasi ini terdiri dari tiga jenis:

Dibedakan: Ini dilakukan saat Anda menangani setiap segmen pasar yang telah diidentifikasi dengan penawaran dan pemosisian yang berbeda. Strategi ini memiliki biaya yang lebih tinggi, tetapi akan memungkinkan untuk memenuhi kebutuhan spesifik dari setiap segmen yang telah dipilih.

Tidak dibedakan: Ini adalah segmen dengan kebutuhan berbeda yang telah diidentifikasi, tetapi perusahaan memilih untuk menanganinya dengan penawaran yang sama, untuk mencoba mendapatkan jumlah pelanggan terbesar.

Terkonsentrasi: Cara ini dilakukan hanya dengan satu segmen pasar yang dipilih. Ini menghindari upaya di segmen lain dan memungkinkan kampanye yang lebih difokuskan. Strategi ini adalah strategi yang paling efektif untuk perusahaan yang sedang berkembang.

Strategi segmentasi berasal dari riset pasar yang telah dilakukan sebelumnya untuk mengelompokkan segmen pasar dan membuat keputusan yang baik tentangnya.

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini