Apa Itu Laporan Tahunan?

Apa Itu Laporan Tahunan? Kredit Foto: Freepik

Laporan tahunan adalah dokumen yang harus disediakan oleh perusahaan publik setiap tahun kepada pemegang saham. Laporan tahunan menggambarkan operasi dan kondisi keuangan.

Data dan informasi yang akurat menjadi kunci penulisan laporan tahunan. Isi dari laporan tahunan tersebut mencakup laporan keuangan dan prestasi akan kinerja organisasi selama satu tahun.

Laporan tahunan menjadi persyaratan peraturan untuk perusahaan publik setelah jatuhnya pasar saham tahun 1929, ketika anggota parlemen mengamanatkan pelaporan keuangan perusahaan standar.

Baca Juga: Apa Itu Laporan Proforma?

Maksud dari laporan tahunan yang diwajibkan adalah untuk memberikan pengungkapan publik atas kegiatan operasi dan keuangan perusahaan selama setahun terakhir. Laporan tersebut biasanya dikeluarkan untuk pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya yang menggunakannya untuk mengevaluasi kinerja keuangan perusahaan dan untuk membuat keputusan investasi.

Laporan tahunan berisi informasi penting tentang posisi keuangan perusahaan yang dapat digunakan untuk mengukur perusahaan sebagai berikut:

  • Kemampuan perusahaan untuk membayar hutangnya pada saat jatuh tempo
  • Apakah perusahaan memperoleh untung atau rugi pada tahun fiskal sebelumnya
  • Pertumbuhan perusahaan selama beberapa tahun
  • Berapa banyak pendapatan yang ditahan oleh perusahaan untuk mengembangkan operasinya
  • Proporsi biaya operasional terhadap pendapatan yang dihasilkan

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini