Mal Ciputra Grogol Ramai Berdesak-desakan, 'Bener-bener Lautan Manusia, Security-nya Gak Membatasi'

Mal Ciputra Grogol Ramai Berdesak-desakan, 'Bener-bener Lautan Manusia, Security-nya Gak Membatasi' Kredit Foto: Mal Ciputra Jakarta

Suasana di dalam mal Ciputra Grogol, Jakarta Barat (Jakbar), Minggu (2/5/2021) malam ramai sesak. Para pengunjung yang datang berdesak-desakan tanpa mempedulikan keselamatan dan kesehatan mereka di tengah pandemi virus Corona (Covid-19).

Gilang (28) salah seorang pengunjung mengatakan, kedatangannya ke mal yakni untuk membeli pakaian menjelang lebaran. Meski kondisi mal susah ramai dia tetap masuk ke dalam untuk mencari barang yang diincar.

"Belanja baju, celana buat dipakai Lebaran nanti. Dari tahun ke tahun belanjanya ke sini karena diskonnya gede," kata Gilang di Mal Ciputra Grogol, Jakarta Barat, Minggu (2/5/2021).

Sementara itu Nuri pengunjung lainya menuturkan, sangat antusias untuk belanja di mal. Sebab lanjut dia, barang-barang yang ditawarkan sudah terjamin kualitasnya.

"Suka aja belanja ke mal, lagian juga mau Lebaran. Iya wajar kalau belanja iya enggak masa si harus dilarang juga," ungkapnya.

Kendati penuh sesak, Nuri tidak merasa takut dengan bahaya yang mengancam di depannya.

"Covid-19 takut enggak takut. Saya percaya aja walaupun di sini berjubel tapi kan tetep pakai masker," katanya.

Bahkan beberapa di antaranya adanya duduk selonjor di sudut mal. Hingga menjelang tutup jam 9 tadi kondisi ini masih terjadi. Petugas keamanan mall seolah tak memberikan peringatan terhadap mereka yang berkerumun di sana. Kebanyakan mereka merupakan pengunjung yang membeli pakaian Lebaran.

Hak Jawab

Mal Ciputra Jakarta menyampaikan ralat terhadap pemberitaan Warta Ekonomi yang berjudul Mal Ciputra Grogol Ramai Berdesak-desakan, ‘Bener-bener Lautan Manusia, Security-nya Gak MembatasBerikut ini hak jawab Mal Ciputra Jakarta

Kami sudah melakukan koordinasi dan peneguran kepada pihak penyewa tersebut (suasana bazaar dari salah satu tenant), dan saat itu juga langsung dibuatkan perbaikan untuk mengantisipasi tidak terulangnya kejadian tersebut.

Adapun bentuk perbaikannya sbb

- Pengaturan layout dibuat lebih berjarak;

- Pengecekan suhu sebelum memasuki area bazaar;

- Pengadaan signage/tanda untuk alur pengunjung yang berbelanja;

- Menyiapkan Satgas Khusus yang akan memantau keramaian bazaar;

- Menyiapkan petugas security;

- Briefing kepada penyewa termasuk para SPG/SPB.

Selain itu, Mal Ciputra Jakarta secara konsisten dan terus menerus untuk mengingatkan kepada pengunjung dan para tenant tentang prokes yang berlaku yang sudah dilaksanakan sejak awal peraturan pemeritah diterapkan, seperti

- Wajib menggunakan masker;

- Mencuci tangan dengan menggunakan sabun;

- Pengecekan suhu;

- Hand sanitizer touchless di beberapa titik;

- Imbauan jaga jarak;

- Menempatkan tanda di fasilitas fital mall (escalator dan lift dengan tombol touchless);

- Announcement secara berkala oleh petugas informasi mengingatkan terus kepada pengunjung untuk menjaga jarak dan memperhatikan prokes yang berlaku.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini