Kisah Cecep Wahyudin, Dokter Hewan yang Jadi Pengusaha Ayam Beromzet Miliaran

Kisah Cecep Wahyudin, Dokter Hewan yang Jadi Pengusaha Ayam Beromzet Miliaran Kredit Foto: YouTube/Coach Yudi Chandra

Cecep Wahyudin adalah pengusaha yang dikenal sebagai Crazy Rich Cianjur. Cecep hingga saat ini adalah komisaris dari PT QL Trimitra (QLT) yang merupakan perusahaan joint-venture antara QL Resources Bhd Malaysia (QLR) dan Trimitra Group Indonesia (Trimitra). Cecep membagikan kisahnya melalui video YouTube "Kisah Inspirasi | Pacaran Sama Tante Demi Kuliah, Sekarang Crazy Rich".

Cecep juga berbisnis ayam goreng D'Colonel yang menjadi bisnisnya yang ketujuh. D'Colonel memiliki 4 restoran dan 80 mini restoran hanya dalam dua tahun berjalan.

Baca Juga: Masya Allah, Berkat Doa dan Kerja Keras, Dulu Anak Pembantu, Witjaksono Kini Sukses Jadi Pengusaha!

Ayah Cecep dahulu tergolong orang kaya pemilik 'Rumah Makan Ikan Mas' dari tahun 1957 yang tutup pada tahun 1997 karena bangkrut. Sejak tahun 1985, ayahnya sudah fokus di Tabligh Akbar sehingga meninggalkan bisnisnya, meninggalkan dunia untuk fokus pada agama. Hingga akhirnya saat Cecep lulus SMA, keluarganya kembali ke titik nol. Tidak memiliki bisnis apapun, hingga ayahnya meninggal pada tahun 2000an, kondisi keuangan keluarganya pun semakin buruk.

Saat SMA, Cecep fokus sekolah karena kakak-kakaknya tidak ada yang sekolah tinggi. Ia pun lantas melanjutkan pendidikan ke Institut Pertanian Bogor (IPB) jurusan Kedokteran Hewan, tetapi ibunya meminta diundur karena tidak memiliki biaya.

Meski demikian, demi sang anak bisa bersekolah, ibu Cecep pun mencari pinjaman ke tetangga. Setelah itu, Cecep mengajukan beasiswa dan lolos. Cecep pun melanjutkan kuliah sambil mencari penghasilan tambahan, mulai dari pengajar bimbel, jualan fotocopy-an, membuat diktat, dll. Hingga akhirnya lulus S1, Cecep butuh biaya untuk sekolah profesi, sayangnya lagi-lagi tidak ada uang.

Hingga suatu hari, Cecep bertemu dengan seorang wanita yang usianya jauh lebih tua dari dia. Wanita itu membantu Cecep hingga lulus kuliah. Cecep pun mengakui bahwa wanita itu adalah pahlawan ia sampai lulus kuliah. Namun sayangnya setelah Cecep lulus, hubungan mereka pun berakhir.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini