Berkaca ke India, Satgas: RI Harus Waspada! Jika Tidak...

Berkaca ke India, Satgas: RI Harus Waspada! Jika Tidak... Kredit Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa Indonesia perlu berhati-hati agar tidak mengalami nasib serupa seperti India.

Diketahui, India sedang mengalami gelombang lonjakan kasus positif Covid-19 yang cukup parah. Padahal, India diakui memiliki angka vaksinasi yang cukup baik sebelumnya.

Baca Juga: Belum Buat Posko, Satgas Tegur Tiga Provinsi Prioritas PPKM Mikro Ini

"Tidak menutup kemungkinan kita dapat mengalami lonjakan kasus yang signifikan dan tentunya sangat berpotensi berujung fatal," katanya dalam konferensi pers yang ditayangkan secara daring, Kamis (22/4/2021).

Wiku memaparkan, di India peningkatan kasus positif harian meningkat hingga 30 kali lipat. Dalam sehari, dapat ditemukan 30 ribu kasus positif Covid-19 di India.

Bukan hanya India rupanya, Turki dan Brazil juga mengalami nasib serupa.

Di Turki, penambahan kasus harian melonjak sebanyak 12 kali lipat. Sementara di Brazil, kasus harian berada di kisaran 50 ribu hingga 70 ribu kasus.

"Kasus global penting untuk kita perhatikan sebagai bahan refleksi," pungkasnya.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/usr/lib/php/20131226/memcached.so' - /usr/lib/php/20131226/memcached.so: undefined symbol: php_msgpack_serialize

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: