Yenny Wahid Ngaku Didesak Arus Bawah Jadi Ketum PKB, Mau Kudeta Cak Imin?

Yenny Wahid Ngaku Didesak Arus Bawah Jadi Ketum PKB, Mau Kudeta Cak Imin? Kredit Foto: Antara/Muhammad Adimaja

Dinamika internal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sampai juga ke telinga Zannuba Arrifah Chafsoh alias Yenny Wahid. Putri Presiden Indonesia keempat, Abdurrahman Wahid itu mengakui, ada arus bawah partai yang mendorongnya mengambil alih partai dari kepemimpinan Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

“Dorongan dari arus bawah memang ada. Tetapi Mbak Yenny belum berpikir ke sana,” ujar juru bicara Yenny Wahid, Imron Rosyadi Hamid kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca Juga: Gercep Tanggapi Polemik, Yenny Wahid Apresiasi Nadiem Makarim

Dia tak merinci arus bawah mana yang mendorong putri kedua Gus Dur -sapaan akrab almarhum Presiden Abdurrahman Wahid- itu untuk memimpin PKB. Namun, dipastikan ada ketidakpuasan pengurus daerah atas gelaran Musyawarah Cabang (Muscab) serentak 2021. Baginya, PKB di bawah komando Cak Imin menunjukkan watak oligarkis dan nepotisme.

“Ini tidak sehat bagi pengembangan demokrasi partai politik,” tegasnya.

Imron menceritakan sejarah kelam perebutan kekuasaan masa lalu antara Cak Imin dengan Gus Dur. Sejarah mencatat, Gus Dur selaku Ketua Dewan Syuro 2008 sempat memecat Cak Imin di posisi Ketum PKB hingga berujung munculnya dua Muktamar Luar Biasa (MLB).

Singkat cerita, Cak Imin menang dan diakui pemerintah melalui Muktamar Ancol. Setelah peristiwa ini, politisi dari kubu Gus Dur, dan simpatisannya tidak mendapatkan posisi strategis dalam pengurusan partai dan apapun di PKB.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini