KRI Nanggala 402 Hilang Kontak, Pengamat: Kecelakaan Kapal Selam Pertama di Indonesia

KRI Nanggala 402 Hilang Kontak, Pengamat: Kecelakaan Kapal Selam Pertama di Indonesia Kredit Foto: Sindonews

Pengamat militer dan intelijen Susaningtyas Kertopati mengatakan bahwa ini pertama kalinya kapal selam milik Indonesia hilang. Hal ini menyusul hilang kontaknya kapal selam KRI Nanggala-402 di perairan utara Bali sekitar pukul 03.00 WIB.

“Ini memang kecelakaan kapal Selam pertama di Indonesia,” katanya saat dihubungi, Rabu (21/4/2021).

Baca Juga: Lagi Latihan Torpedo, Kapal Selam KRI Nanggala-402 Hilang Kontak Setelah...

Meski begitu Nuning mengatakan bahwa masih ada peluang KRI Nanggala-402 untuk melakukan Combat SAR. Pasalnya kemampuan menyelam normal pada ambang batas kedalaman operasional adalah 48 jam. Lalu ditambah cadangan darurat untuk 24 jam sehingga total 72 jam.

“Menurut kemampuan tersebut kesempatan masih terbuka melakukan operasi Combat SAR sampai dengan 58-60 jam ke depan,” ungkapnya.

Seperti diketahui KRI Nanggala-402 merupakan kapal selam buatan Jerman tahun 1977. Dimana masuk jajaran TNI Al tahun 1981. Terdapat 53 awak di kapal selam tersebut yang terdiri atas 49 anak buah kapal (ABK), 1 komandan satuan 3 personel arsenal.

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini