Ribut-ribut Ukraina Belum Beres, Eh, Amerika Kirim Lusinan Jet Tempurnya ke Polandia

Ribut-ribut Ukraina Belum Beres, Eh, Amerika Kirim Lusinan Jet Tempurnya ke Polandia Kredit Foto: AP Photo

Angkatan Bersenjata Amerika Serikat (US Army) sudah memastikan, pengerahan dua unit kapal perangnya ke Laut Hitam belum bisa dikonfirmasi. Akan tetapi, terungkap sebuah fakta bahwa militer Amerika Serikat (AS) justru sudah menyiapkan armada perang lainnya.

Menurut laporan yang dikutip dari UNIAN, Angkatan Udara AS (US Air Force) telah mengerahkan sejumlah unit jet tempurnya ke Polandia. Tercatat ada 20 unit jet tempur yang terdiri dari F-15 Eagle dan F-16 Fighting Falcon tiba di Polandia, Selasa 20 April 2021.

Baca Juga: Dengar Nih! Menlu Amerika Bongkar Alasan Pasukannya Ditarik dari Afghanistan

Puluhan jet tempur militer Amerika Serikat ini untuk mengikuti latihan gabungan bersama Angkatan Udara Polandia. Latihan gabungan antara militer Amerika Serikat dan Polandia adalah program yang berada di bawah Komando Angkatan Bersenjata AS di Eropa (EUCOM).

"Selusin pesawat F-15 dan F-16 Amerika tiba di Polandia hari ini. EUCOM akan menunjukkan pengerahan cepat Angkatan Udara Amerika di Eropa. Akan digunakan khususnya di lapangan udara Polandia," kata Menteri Pertahanan Polandia, Mariusz Blaszczak.

Meski dikonfirmasi bahwa sejumlah jet tempur militer Amerika itu akan ambil bagian dalam latihan militer gabungan, namun sejumlah pihak mempercayai hal lain. 

Deretan jet tempur Angkatan Udara AS itu akan disiagakan di Polandia, karena wilayah negaranya yang berbatasan langsung dengan Ukraina di sebelah tenggara. Seperti yang diketahui, Amerika adalah negara nomor satu di Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) dan merupakan sekutu utama Ukraina.

Amerika sudah berkali-kali mendesak Presiden Vladimir Putin agar segera menarik pasukannya dari perbatasan, untuk meminimalisasi kemungkinan Perang Rusia-Ukraina.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini