Tegaskan Reshuffle Hak Prerogatif Jokowi, PDIP: Kenapa Didesak-desak?

Tegaskan Reshuffle Hak Prerogatif Jokowi, PDIP: Kenapa Didesak-desak? Kredit Foto: Sekretariat Presiden

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Alex Indra Lukman membantah anggapan partainya mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk segera melakukan reshuffle kabinet.

Alex menegaskan, reshuffle merupakan sebuah keniscayaan karena sudah dibacakannya surat Presiden terkait pembentukan Kementerian Investasi dan Peleburan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada paripurna DPR lalu.

Baca Juga: Jokowi Reshuffle Mendag Lutfi karena Isu Impor Beras, Faktanya...

Menurut dia, hal tersebut merupakan hak prerogatif presiden untuk menentukan siapa yang layak untuk mengisi pos-pos tersebut. Dalam penentuannya, Alex membantah adanya desakan dari PDIP.

"Pembentukan kementerian baru kan otomatis harus dilanjutkan dengan penunjukan menteri, kenapa harus didesak-desak?" ujar Alex saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Selasa (20/4/2021).

Ketua DPD PDIP Provinsi Sumtera Barat ini juga membantah asumsi yang mengaitkan rencana reshuffle ini ada hubungannya dengan pertemuan Presiden Jokowi dengan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri beberapa waktu lalu.

"Terkait pertemuan, sedari dulu Pak Jokowi sering bertemu dengan Ibu Megawati. Selain itu, Pak Jokowi pasti juga sering bertemu dengan para Ketua Umum yang merupakan anggota kabinet. Masa setiap pertemuan harus ditafsirkan akan reshuffle?" ujar dia.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/usr/lib/php/20131226/memcached.so' - /usr/lib/php/20131226/memcached.so: undefined symbol: php_msgpack_serialize

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: