DKI Jakarta Sering Terjadi Kebakaran, Apa Penyebabnya? Ini Penjelasan Ahli Manajemen Bencana

DKI Jakarta Sering Terjadi Kebakaran, Apa Penyebabnya? Ini Penjelasan Ahli Manajemen Bencana Kredit Foto: Antara/Fauzan

Ketua Pusat Studi Manajemen Bencana Universitas Pembangunan Nasional 'Veteran' Yogyakarta Eko Teguh Paripurno menilai seringnya terjadi kebakaran di Jakarta karena kesalahan manusia. Perlu dilakukan penanganan bencana kebakaran sejak dari hulu sebelum terjadinya kebakaran.

"Saya masih percaya bahwa sebagian besar kebakaran terjadi karena human error," katanya kepada MNC Portal Indonesia, Senin (18/4/2021). 

Baca Juga: Kasus COVID di Jakarta Sama Sekali Belum Surut, Kasus Harian Masih Tinggi

Dia menjelaskan beberapa hal yang menjadi pemicu kebaran adalah arus pendek listrik, ledakan gas LPG di rumah tangga. Masyarakat dengan mudahnya menyalurkan aliran listrik yang melebihi kapasitas beban yang disarankan.

"Kita bisa mencegah kebakaran dengan melihat sistem pelistrikan di pemukiman dan rumah kita. Kita lihat sediri, listrik di Jakarta dan kota-kota maupun pemukiman kita sangat tidak teratur," jelasnya.

Eko menilai perlu dilakukan pencegahan sejak dini untuk mengatisipasi kebakaran. Selain mengurangi kerugian akibat kebakaran, pencegahan juga dapat beban kerja Pemadam kebakaran. "Sudah waktunya kita mulai mengelola kebakaran dari hulunya. Kita bisa merencanakan bangunan dan kampung yang tidak mudah terbakar," bebernya.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini