Chinaplas 2021, LANXESS Tawarkan Solusi inovatif Plastik Rekayasa

Chinaplas 2021, LANXESS Tawarkan Solusi inovatif  Plastik Rekayasa Kredit Foto: Lanxess

Perusahaan bahan kimia khusus asal Jerman LANXESS hadir di pameran Chinaplas 2021 di Shenzhen pada 13-16 April 2021 dengan membawa Unit bisnis High-Performance Materials (HPM), Polymer Additives (PLA), dan Inorganic Pigments (IPG) memamerkan produk, teknologi, dan solusi inovatif terkait plastik rekayasa, plastik tahan api dan plastik pewarna.

Memahami bahwa beberapa pelanggan tidak dapat berkunjung langsung ke booth LANXESS karena pandemi coronavirus, LANXESS menawarkan berbagai kesempatan untuk berpartisipasi virtual, termasuk tur ke booth dan webinar-webinar teknis online dalam bahasa China dan Inggris.

Dalam keterangan tertulisnya (16/4) dikatakan bahwa selama tiga tahun terakhir, poliamida 66 (PA66) menjadi semakin mahal karena berkurangnya bahan baku adiponitril (ADN). Situasi ini mendorong produsen komponen plastik untuk mencari alternatif yang lebih terjangkau dan handal untuk PA66. LANXESS akan memamerkan dan memperkenalkan alternatifnya yang hemat biaya, stabil, dan berkualitas tinggi berdasarkan poliamida 6 (PA6). 

Perusahaan berharap China akan berkembang pesat di sektor mobilitas baru, termasuk yang bobotnya ringan, e-mobility dan energi hidrogen, serta infrastruktur, 5G, dan aplikasi barang konsumen. Material berkinerja tinggi dari LANXESS dapat memenuhi berbagai persyaratan industri-industri ini. 

Dengan produk merek Durethan® (poliamida), Pocan® (PBT) dan Tepex® (komposit termoplastik), LANXESS HPM memamerkan serangkaian solusi di sektor kendaraan energi baru. Mengandalkan ketegaran dan kekuatannya yang tinggi, Durethan® BKV45FN04 menjadi pilihan ideal untuk produksi komponen sel, seperti rangka dan pelat ujung, serta konektor tegangan tinggi. Produk ini juga mengadopsi FR terbaru dan paket stabilitas termal, sehingga memiliki sifat pelepasan gas dan frosting yang sangat baik, stabilitas termal jangka panjang, dan kualitas permukaan.

Berdasarkan Tepex® continuous fiber reinforced thermoplastics (CFRTP), LANXESS juga telah mengembangkan suku cadang yang hemat biaya dan cocok untuk produksi massal, serta dapat digunakan dalam pembuatan suku cadang seperti komponen front-end, panel bawah, bumper beam, pedal rem, full-load loading systems, dan penguat tangki bahan bakar. Karena berbagai fungsi dan kinerjanya yang sangat baik, Tepex® memenuhi tren perkembangan kendaraan energi baru saat ini, seperti mobilitas lingkungan, desain yang dipersonalisasi, keselamatan dan daya tahan, serta sumber daya berkelanjutan dan solusi perlindungan terhadap lingkungan.

LANXESS juga memamerkan berbagai macam produk aditif, termasuk bahan penghambat api brominasi, bahan penghambat api berbasis fosfor, plasticizer (bahan aditif penambah fleksibilitas) ramah lingkungan, dan aditif pewarna. LANXESS PLA menawarkan banyak produk untuk PU dan PVC. Armgard®, Levagard®, Disflamoll® dan Reofos® digunakan untuk memproduksi produk tahan api, termasuk bahan isolasi, kabel, papan sirkuit cetak, kertas foil, terpal, penutup lantai, alas dan produk tahan api lainnya.

LANXESS juga memamerkan solusinya yang dirancang untuk menggantikan HBCD tahan api. HBCD termasuk dalam Konvensi Stockholm tentang Polutan Organik yang Persisten dimana produksi dan penggunaannya akan dilarang di China mulai 25 Desember 2021. Makromolekul polimerik tahan api Emerald Innovation™ 3000 dari LANXESS menawarkan pengganti yang efisien dan berkelanjutan untuk HBCD dalam bahan insulasi termal EPS dan XPS yang digunakan dalam industri konstruksi.

Pewarna pelarut Macrolex® dari LANXESS memiliki stabilitas termal yang tinggi, ketahanan cahaya dan cuaca yang sangat baik, intensitas tinggi terhadap pewarnaan, kecerahan luar biasa, serta bekerja dengan baik untuk pewarnaan plastik termoplastik amorf seperti polistiren, polikarbonat, polimetil metakrilat, dan polietilen tereftalat. Rangkaian pewarna organik terlarut Macrolex® memberikan teknik pewarnaan inovatif untuk plastik. Dengan sifat pencelupan dan kemampuan mesin yang sangat baik, memenuhi standar ekologi yang tinggi, dan diterapkan secara luas di bidang-bidang seperti pewarnaan botol minuman, tinta untuk printer ink-jet dan filter warna LCD.

Macrolex® Orange HT adalah salah satu sorotan tahun ini. Dalam e-mobilitas, warna oranye sebagai fitur keselamatan merupakan keharusan bagi komponen plastik tegangan tinggi. Sifat komprehensif Macrolex® Orange HT dapat melayani dengan baik kebutuhan keselamatan dan kinerja mobil listrik, termasuk stabilitas panas yang sangat baik, ketahanan sublimasi yang ditingkatkan, stabilitas migrasi yang tinggi, kekuatan warna yang tinggi dan ketahanan terhadap cahaya yang tinggi.

LANXESS IPG telah memperluas rangkaian pigmen Colortherm® Yellow untuk plastik berperforma tinggi yang tahan panas. Dua pigmen kuning anorganik yang kini baru tersedia adalah Colortherm® Yellow 5 dan Colortherm® Yellow 26. Kedua pigmen tersebut masing-masing didasarkan pada oksida besi dan seng oksida yang dirancang khusus untuk pewarnaan hemat biaya pada suhu antara 220 ° C dan 260 ° C. Dengan kekuatan warna yang sama tinggi di area warna yang sama, LANXESS menawarkan kompromi yang sangat baik kepada produsen dan prosesor plastik untuk produk Colortherm® Yellow 20 dan Colortherm® Yellow 30 terbaik di kelasnya, yang mampu stabil terhadap panas hingga 300 ° C.

Saat ini plastik dapat digunakan dalam aplikasi yang beberapa tahun lalu masih dianggap mustahil. Polimer berkinerja tinggi dengan sifat fisik atau kimia khusus semakin banyak menggantikan logam, kaca, dan keramik. Mereka digunakan untuk aplikasi khusus dalam kendaraan, elektronik dan teknik proses, serta aplikasi medis. Dengan penggunaan plastik teknis dalam aplikasi teknologi tinggi menjadi lebih luas, profil persyaratan untuk pigmen yang digunakan untuk pewarnaan juga meningkat. Terutama stabilitas panas pewarna yang menjadi faktor kualitas penentu. Dalam kasus pigmen organik, suhu pemrosesan tinggi sering kali menyebabkan dekomposisi yang dipercepat; namun alternatif anorganik dapat mengalami variasi warna pada suhu di atas 180 ° C.

Untuk pewarnaan kuning yang handal pada polimer suhu tinggi, LANXESS menawarkan rangkaian produk modular Colortherm® Yellow, yang terdiri dari oksida besi Colortherm® Yellow 5, Colortherm® Yellow 20, Colortherm® Yellow 26, Colortherm® Yellow 30 dan Colortherm® Yellow 3950 seng ferit (zonc ferrites). Rangkaian ini tidak hanya mencakup spektrum warna cahaya, nuansa kuning jenuh, tetapi juga nuansa oranye. Alhasil, formulasi plastik dapat dengan mudah direalisasikan pada suhu pemrosesan hingga 300 ° C.

Karena proses pembuatannya yang khusus, kekuatan warna seng ferit Colortherm® Yellow 26 dan Colortherm® Yellow 30 mencapai 20 persen lebih tinggi daripada produk sejenis. Ini berarti penambahan pigmen pada tingkat yang lebih rendah diperlukan untuk mewarnai plastik.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini