Perspektif vs Kenyataan: Gimana Wanita Memandang Tubuhnya?

Perspektif vs Kenyataan: Gimana Wanita Memandang Tubuhnya? Kredit Foto: Antara/FB Anggoro

Bagaimana perempuan Indonesia melihat bentuk tubuh mereka? Lalu, seperti apakah bentuk tubuh ideal bagi para wanita di Indonesia?

Guna menjawab pertanyaan itu, JakPat menggelar survei terhadap 1.062 responden wanita dengan rentang usia 15-49. Pengumpulan data berlangsung pada 4-7 Desember 2020, menggunakan teknik sampling probability melalui aplikasi JakPat; dengan margin error di bawah 3%.

Persepsi Wanita Soal Tubuh Ideal

Merujuk pada hasil survei, ada 4 tokoh publik yang responden anggap memiliki tubuh ideal, yakni: Dian Sastro (49,4%), Kylie Jenner (20,6%), Yoona dari grup idola SNSD (16,2%), dan Jennifer Lopez (13,7%). Secara general, responden memandang Dian Sastro sebagai pemilik tubuh ideal.

Baca Juga: Jumlah Investor Saham Naik 30%, Gimana dengan Tren Saham di Masa Depan?

Baca Juga: Duit Suap Benur Lobster dan Para Wanita yang Menerimanya

Lantas, bagaimana mereka memandang tubuh masing-masing? 44,3% responden merasa tubuh mereka terlalu gemuk. Persepsi tersebut banyak terlintas di kepala wanita yang memiliki anak. Sementara dari segi usia, wanita yang menganggap tubuhnya terlalu kurus dan normal mayoritas berumur 25.

Berdasarkan data, responden terbagi menjadi 3 segmen, yakni: kurus, ideal, dan gemuk. Responden yang menganggap tubuhnya kurus lebih memilih camilan berbentuk biskuit, kue, dan cokelat. Sementara itu, responden yang melihat tubuhnya gemuk lebih tertarik dengan camilan goreng, keripik kentang, dan jajan. Di sisi lain, segmen ideal lebih memilih camilan buah, puding, oatmeal, dan kacang.

Sebenarnya, Bagaimana Bentuk Tubuh Asli Responden?

Berdarkan tinggi dan berat badan, mayoritas responden memiliki tubuh ideal berdasarkan BMI (body mass index). Akan tetapi; 37,6% responden memiliki perspektif kurang tepat daripada perhitungan BMI.

Bahkan, 7 dari 10 perspektif yang tak tepat membuat wanita menganggap tubuh mereka lebih berat daripada angka aslinya. Dalam kata lain, mayoritas responden merasa tubuh mereka lebih berat daripada berat badan sebenarnya.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini