BNI di Korea Selatan Catat Pertumbuhan Laba 73,9%

BNI di Korea Selatan Catat Pertumbuhan Laba 73,9% Kredit Foto: Sufri Yuliardi

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau (BNI) sukses mencatat pertumbuhan laba Kantor Cabang Luar Negeri (KCLN) Seoul sebesar 73,9% per tahun. Kinerja positif tersebut juga tercermin dari pertumbuhan kredit yang meningkat sebesar 59,3% di Desember 2020 (year-on-year) dengan total earning asset mencapai US$462,5 juta.

Di kuartal I 2021, kredit tetap tumbuh dua digit sehingga mendongkrak pendapatan bunga bersih. Direktur Treasuri dan International BNI, Henry Panjaitan, mengatakan bahwa pandemi Covid-19 masih akan menjadi tantangan bagi bisnis KCLN pada tahun ini.

Baca Juga: Dikerek Harga CPO, Laba Bersih AALI Naik 294,6%

Namun, BNI terus memperkuat layanannya dengan membentuk Korea Desk tahun ini. Pembentukan Korea Desk ini lanjut Henry akan meningkatkan sinergi antara kantor cabang BNI di luar negeri dengan unit bisnis di dalam negeri.

"Sehingga pertumbuhan double digit di KCLN Seoul akan dapat dipertahankan," ucapnya.

Selain layanan di segmen korporasi, BNI KCLN Seoul juga memberikan layanan kepada Diaspora Indonesia yang berada di Korea Selatan. Saat ini terdapat hampir 37 ribu Warga Negara Indonesia (WNI) di Negeri Ginseng tersebut.

Sekitar 34 ribu di antaranya merupakan Pekerja Migran Indonesia semi skill di sektor manufaktur dan perikanan. Selain itu, terdapat juga sekitar 1.400 pelajar dan sisanya merupakan WNI mix-married.

BNI Seoul memberikan layanan total financial solution bagi Diaspora di Indonesia mulai dari produk tabungan dan mobile banking, produk investasi seperti obligasi ritel Indonesia (ORI), sukuk ritel Indonesia (SUKRI), reksadana, hingga kredit konsumtif. Henry mengatakan, BNI Seoul juga rutin memberikan inklusi keuangan dan seminar kewirausahaan yang merupakan bagian dari tugas BNI sebagai agent of development.

"Ke depannya, BNI Seoul akan memberikan kredit produktif bagi Diaspora Indonesia yang memiliki usaha di Korea Selatan," jelasnya. BNI KCLN Seoul merupakan satu-satunya bank asal Indonesia yang beroperasi di Korea Selatan. Cabang ini didirikan pada tahun 2016 lalu.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini