Tunduk Sama Amerika, Negara Ini Boikot Raksasa Telekomunikasi Asal China

Tunduk Sama Amerika, Negara Ini Boikot Raksasa Telekomunikasi Asal China Kredit Foto: GSM Arena

Pemerintah pusat Rumania menyetujui RUU yang secara efektif memboikot Huawei dari pengembangan jaringan 5G-nya; mengikuti langkah Amerika Serikat (AS).

Melansir Reuters, Jumat (16/4/2021), Eropa telah menjadi medan 'perang teknologi' antara China dan AS. Ericsson dan Nokia dapat menjadi pemasok duopoli jika Huawei mengalami boikot.

"Pemerintah baru saja menyetujui RUU yang sangat penting bagi Rumania; menyegel memorandum yang ditandatangani di Washington. Artinya, China dan Huawei dikesampingkan dari segala potensi kemitraan 5G dengan Rumania," ujar Anggota Badan Deputi Rumania, Pavel Popescu.

Baca Juga: Alamak! Bitcoin Senilai Rp9 T Dijual Ilegal oleh ....

Baca Juga: Aturan Dagang Baru Amerika Jegat Perusahaan Teknologi China, Pemasok Chip Pasrah

Di bawah memorandum itu, 2 negara itu sepakat untuk mengevaluasi pemasok 5G guna memastikan keamanan berbasis risiko. Evaluasi itu harus menunjukkan hubungan perusahaan dengan pemerintah asing, meninjau struktur kepemilikan, dan tunduk pada aturan yang menerapkan praktik perusahaan yang transparan.

Popescu mengatakan, "Tujuan utama kami adalah keamanan nasional dan melindungi data pribadi generasi masa depan Rumania sangat penting."

Menurut Popescu, RUU itu dapat pemerintah terapkan beberapa pekan ke depan. Aturan itu berfungsi sebagai prasyarat meluncurkan tender 5G di Rumania.

Rumania sendiri merupakan sekutu setia Washington. Karena AS memandang Huawei sebagai bagian dari mata-mata Partai Komunis China, Rumania mengambil langkah serupa.

Huawei telah berulang kali membantah tuduhan itu.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini