Gak Ada Kendor-kendornya! Biden Masih Kirim Puluhan Jet Siluman F-35 ke UEA

Gak Ada Kendor-kendornya! Biden Masih Kirim Puluhan Jet Siluman F-35 ke UEA Kredit Foto: US Air Force/Master Sgt. Donald R. Allen

Pemerintah Joe Biden telah memberi tahu Kongres bahwa mereka memberi izin dan melanjutkan penjualan 50 unit jet tempur siluman F-35 Amerika Serikat (AS) ke Uni Emirat Arab (UEA).

Puluhan jet tempur itu bagian dari paket penjualan senjata canggih senilai lebih dari USD23 miliar (lebih dari Rp336 triliun).

Baca Juga: Meski Sempat Jadi Kontroversi, Denmark Tetap Terima Jet Siluman F-35 karena...

Departemen Luar Negeri Amerika, melalui seorang juru bicaranya, mengatakan pemerintah akan bergerak maju dengan penjualan yang diusulkan ke UEA.

"Bahkan saat kami terus meninjau detail dan berkonsultasi dengan pejabat Emirat terkait dengan penggunaan senjata," katanya, seperti dikutip Reuters, Rabu (14/4/2021).

Administrasi presiden dari Partai Demokrat itu sebelumnya menghentikan sementara kesepakatan penjualan senjata yang disetujui oleh mantan Presiden Donald Trump untuk ditinjau ulang.

Pemerintahan Trump mengatakan kepada Kongres pada November tahun lalu bahwa mereka telah menyetujui penjualan senjata canggih AS ke UEA, menyusul perjanjian yang ditengahi AS pada September di mana UEA setuju untuk menormalisasi hubungan dengan Israel.

Paket senjata senilai USD23 miliar berisi produk-produk dari General Atomics, Lockheed Martin Corp dan Raytheon Technologies Corp, termasuk 50 pesawat F-35 Lighting II, 18 drone MQ-9B dan paket rudal.

Upaya legislatif Amerika untuk menghentikan penjualan senjata itu gagal pada bulan Desember lalu, karena sesama anggota Partai Republik di Kongres mendukung rencana Trump.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini