Habib Rizieq Nyalahin Mantan Kapolres Jakpus, Padahal Acara Petamburan Tak Dilarang Karena...

Habib Rizieq Nyalahin Mantan Kapolres Jakpus, Padahal Acara Petamburan Tak Dilarang Karena... Kredit Foto: Hafidz Mubarak A/pras.

Terdakwa kasus karantina kesehatan Habib Rizieq Shihab, balas menanggapi keterangan saksi Kombes Heru Novianto dalam sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Senin (12/4/2021). Dalam tanggapannya Rizieq mempertanyakan kewenangan saksi yang saat itu menjabat sebagai Kapolrestro Jakarta Pusat.

"Anda punya wewenang untuk membubarkan, berarti anda punya wewenang untuk melarang acara tersebut sebelum digelar," kata Habib Rizieq di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Senin (12/4/2021).

Baca Juga: Alasan Mantan Kapolrestro Jakpus Tak Bubarkan Massa Habib Rizieq di Petamburan Karena Rawan Rusuh

Menurut Habib Rizieq, lantas mengapa seorang Kapolres yang memiliki kuasa penuh untuk membubarkan tidak melakukan hal demikian. Sebab, lanjut dia, jika larangan itu ada artinya maka dapat dijadikah langkah pencegahan agar tidak menimbulkan kerumunan.

"Kalau anda ambil itu kan preventif, kenapa anda tidak pergunakan pertimbangan itu," ujarnya lantang.

Habib Rizieq menegaskan, kerumunan yang timbul pada saat acara pernikahan dan maulid Nabi Muhammad SAW tak bisa diprediksi. Oleh karena itu pihaknya pun bertanggung jawab dengan membayar denda yang telah ditentukan Pemprov DKI Jakarta.

"Kerumunan terjadi di luar kendali tanpa kesengajaan, dari panitia tidak ada yang memungkiri. Semua menerima. Memang terjadi pelanggaran, makanya kami juga didenda Rp50 juta. Kita punya komitmen baik menjaga protokol kesehatan, jadi kita tidak punya niat sengaja melanggar protokol kesehatan," ucapnya.

Sementara itu, Heru menjelaskan, pihaknya tidak melarang acara yang diadakan di kediaman Habib Rizieq karena mendapat informasi dari Wali Kota Jakarta Pusat bahwa kegiatan itu terselenggara dengan jaminan mematuhi protokol kesehatan.

"Kami berikan toleransi karena informasi dari pak Wali Kota acara terselenggara menggunakan protokol kesehatan," katanya.

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini