Kolaborasi Lintas Sektor Penting untuk Percepat Vaksinasi Covid-19

Kolaborasi Lintas Sektor Penting untuk Percepat Vaksinasi Covid-19 Kredit Foto: Antara/Zabur Karuru

Kolaborasi dengan lintas sektor, termasuk sektor swasta, sangat diperlukan untuk mempercepat penyelesaian target vaksinasi pemerintah dan mencapai herd immunity.

Karena itu, menurut Chief Operations & Health Officer Prudential Indonesia dr. Dian Budiani, pihaknya sebagai perusahaan yang sudah beroperasi selama lebih dari 25 tahun di Indonesia ingin mengambil peran aktif dalam program vaksinasi Covid-19 ini dengan memfasilitasi pelaksanaan vaksinasi di PRUUniversity, yang berlokasi di lantai 2 Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.

Baca Juga: 8 Ribu Alumni UI Ikuti Vaksinasi Covid-19

dr. Dian mengatakan, Prudential menyadari vaksinasi Covid-19 merupakan program pemerintah yang sangat penting mewujudkan masyarakat yang sehat, sekaligus memulihkan perekonomian nasional. Untuk itu, kata dr. Dian, Prudential menjalin kerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta membantu mengakselerasi kesuksesan program vaksinasi tersebut. Prudential menargetkan dapat melakukan vaksinasi kepada lebih dari 45.000 orang.

"Kegiatan ini juga sejalan dengan aspirasi kami untuk menjadikan masyarakat Indonesia lebih sehat dan sejahtera," ujar dr. Dian, kemarin.

Dia menambahkan, sebelum memfasilitasi program vaksinasi Covid-19 ini, Prudential juga telah meluncurkan Program Santunan Rawat Inap Pascavaksinasi yang diberikan secara bebas biaya untuk seluruh masyarakat Indonesia, nasabah maupun nonnasabah Prudential Indonesia, melalui aplikasi Pulse by Prudential. Melalui program ini, Prudential memberikan santunan tunai Rp 1 juta per hari (maksimal 10 hari) jika penerima vaksin harus dirawat di rumah sakit karena mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) dalam waktu 14 hari kalender setelah vaksinasi.

"Kami juga berharap agar pemerintah dapat memasukkan para pekerja garis depan di sektor jasa keuangan, termasuk tenaga pemasar asuransi, sebagai salah satu prioritas penerima vaksin untuk dapat lebih mendorong industri asuransi," kata dr. Dian.

Baca Juga: Jam Pelayanan Sentra Vaksinasi BUMN Bersama Selama Ramadan Berubah, Cek Jadwalnya!

Melalui keberhasilan program vaksinasi massal Covid-19 yang sedang gencar dilaksanakan oleh pemerintah, Prudential optimistis pemulihan ekonomi nasional akan dapat tercapai. "Kita berharap Indonesia dapat segera melewati masa pandemi yang sulit ini dan bangkit menuju Indonesia yang maju seperti yang kita cita-citakan bersama," kata dr. Dian.

Sementara itu, Koordinator PMO Komunikasi Publik KPCPEN Arya Sinulingga mengapresiasi langkah swasta yang turut berpartisipasi dalam program vaksinasi nasional. Dia yakin, dengan terlibatnya banyak pihak termasuk pihak swasta akan mempercepat pemenuhan target vaksinasi.

Arya juga berharap, semakin banyak pihak swasta yang mau terlibat dalam vaksinasi nasional. "Kolaborasi dan sinergi berbagai pihak termasuk swasta dalam menghadapi pandemi amat penting. Saya sampaikan terima kasih kepada pihak swasta yang mau terlibat dalam program vaksinasi," kata Arya.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini