Dokumenter Terbaik FFI 2020 You and I Bakal Tayang, Awas Jangan Menangis Ya!

Dokumenter Terbaik FFI 2020 You and I Bakal Tayang, Awas Jangan Menangis Ya! Kredit Foto: Unsplash/Jeremy Yap

Film You and I menjadi juara dalam ajang Festival Film Indonesia 2020 dalam kategori Film Dokumenter Panjang Terbaik. Film itu berhasil mengungguli saingannya, Between the Devil and the Deep Blue Sea.

You and I sebuah film dokumenter yang disutradarai Fanny Chotimah. Selain meraih penghargaan di dalam, You and I juga berhasil meriah beberapa penghargaan di luar negeri.

Baca Juga: Penasaran Lihat Akting Zlatan Ibrahimovic Main Film? Ini Infonya

Kini, film tersebut bisa disaksikan dari rumah? Bagaimana caranya dan bercerita tentang apa film tersebut?

You and I bercerita tentang Kaminah dan Kusdalini, dua sahabat yang bertemu di penjara 50 tahun yang lalu. Keduanya adalah mantan narapidana politik asal Solo yang semasa muda aktif dalam paduan suara organisasi Pemuda Rakyat.

Saat konflik politik tahun 1965 terjadi, keduanya ditangkap tanpa pernah diadili. Film yang diproduseri oleh Yulia Evina Bhara, Amerta Kusuma, dan Tazia Teresa ini mengajak penonton menyaksikan dari dekat keseharian Kaminah dan Kusdalini yang masih berusaha lepas dari trauma.

Mereka sesekali masih berjumpa dengan eks tahanan politik yang lain, berdiskusi dan menyimpan  harapan bahwa keadilan masih ada dan getir masa lalu sebisa mungkin disikapi dengan ikhlas dan sahaja.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini