Mas Anies Bukan Mau Nakut-nakuti, Bilang Hal Buruk Bakal Terjadi... Netizen Teriak: Lambemu...

Mas Anies Bukan Mau Nakut-nakuti, Bilang Hal Buruk Bakal Terjadi... Netizen Teriak: Lambemu... Kredit Foto: Instagram Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meramalkan hal buruk akan terjadi bila demokrasi gagal dirawat oleh pemerintah Indonesia. Ia menyebut bahwa pihak berwenang harus mampu merawat iklim demokrasi. Sambung dia, sebab jika pemerintah gagal merawat demokrasi maka rakyat akan dibuat tidak tenang.

"Jika pemegang kewenangan gagal merawat demokrasi, kehidupan masyarakat akan jauh lebih tidak tenang, tidak teduh, dan tidak damai," ujar Anies dalam kegiatan Mimbar Demokrasi yang diselenggarakan oleh Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Jakarta, pekan lalu.

Baca Juga: Gubernur Anies Mau Shalat Tarawih di Sini Nih 

Diketahui sebelumnya, Anies menjelaskan bahwa iklim demokrasi adalah dengan cara mendengar dan merespons setiap aspirasi rakyat. Bahkan, menurut Anies, setiap asprirasi harus direspons dengan tata krama yang benar. Sambungnya, hal ini dapat menumbuhkan perasaan setara bagi semua pihak.

"Mana aspirasi yang direspons tentu ada banyak yang dipertimbangkan. Tetapi, ruang untuk aspirasi tersebut terbuka. Kita juga harus menyadari bahwa kebijakan dan politik itu seringkali membawa unsur perasaan. Karena itu, kita harus menjaga dialog dan tukar pikiran tetap tenang, teduh, dan damai," ujar dia.

Baca Juga: Anies Baswedan Kokoh di Puncak Survei Bursa Capres, Pakar: Warning!

"Harapannya, itu akan membuat tidak ada aspirasi yang mampet. Problem-problem dapat direspons dengan cepat dan perasaan kesetaraan dapat ditumbuhkan," ujar Anies.

Lebih lanjut, ia mengatakan wujud dari merawat demokrasi bisa dilihat dari upaya Pemprov DKI menghadirkan ruang publik yang setara. Seperti, pembangunan transportasi umum dan taman, yang menurutnya, dapat menumbuhkan perasaan setara bagi seluruh warganya.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini