Intani Dorong Kemandirian Pangan di Wilayah Banten

Intani Dorong Kemandirian Pangan di Wilayah Banten Kredit Foto: Dok. Intani

Potensi wilayah Banten sangat besar di sektor pertanian, perikanan, dan peternakan. Namun, potensi-pontensi itu belum dikembangkan optimal. Menjawab tantangan tersebut, Intani hadir untuk menjadi jembatan dan mendorong kemandirian pertanian Banten. 

Demikian diungkapkan Ketua Umum DPP INTANI, Guntur Subagja Mahardika, dalam acara Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Provinsi Banten dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) di wilayah Banten, di Lebak, Jumat, pekan lalu. Baca Juga: Digitalisasi Pertanian Menuju Era Baru Wujudkan Ketahanan Pangan

Pelantikan DPW dan DPD dilakukan oleh Ketua DPW Intani Provinsi Banten Kh Sulaiman Effendi dan Ketua Dewan Penasehat DPW Intani Banten Muhammad Hasan Gaido.

Guntur Subagja Mahardika, mengungkapkan saatnya Banten menjadi produsen pertanian, peternakan, dan perikanan yang mampu menenuhi kebutuhan sendiri dan menjadi pensuplai komoditas ke ibukota Jakarta dan daerah lainnya. Saat ini DKI Jakarta mengimpor beras dari Sulawesi, seharusnya Banten yang mampu memenuhi kebutuhan itu karena lokasinya menempel dengan Jakarta. 

Baca Juga: Bamsoet Ajak Generasi Muda Majukan Sektor Pertanian di Ngobras Bareng Petani Bule Indry Septinawati

Untuk mendorong Banten menjadi produsen pangan nasional, kata Guntur, Intani harus aktif melakukan kolaborasi dengan pemerintah daerah, organisasi, dan korporasi dalam pemberdayaan masyarakat, mengembangkan teknologi pertanian, melahirkan inovasi-inovasi produk, membangun petani muda, dan mengembangan bisnis sosial pertanian (social enterprise).

“Intani harus membangun piloting program di sektor pertanian, peternakan, dan perikanan yang dapat dijadikan model dan diduplikasi di berbagai daerah,” jelasnya.

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini