Pilih Nyawa Ketimbang Harta, Dubes AS Sarankan Warganya Pasrah Jika Dirampok di Indonesia

Pilih Nyawa Ketimbang Harta, Dubes AS Sarankan Warganya Pasrah Jika Dirampok di Indonesia Kredit Foto: Unsplash/Alberto Bigoni

Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Jakarta mendorong warga Negara Paman Sam yang berada di Indonesia untuk lebih waspada selama beraktivitas, terutama di area publik. Pihak berwenang Indonesia memperingatkan bahwa tingkat ancaman terorisme tetap tinggi.

Dikutip dari laman website Kedubes AS, Kamis (8/4/2021), Polri disebutkan telah secara nyata meningkatkan kehadirannya di gedung-gedung pemerintah Indonesia, turis situs, gereja, mal, dan tempat lainnya.

Baca Juga: Soal Iran, Pentolan Mossad Bakal Tiba di AS dalam Beberapa Hari ke Depan

Kedutaan Besar Amerika Serikat menyarankan peningkatan kesadaran keamanan pribadi, terutama di tempat umum. Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta menyebutkan sejumlah langkah yang mesti dilakukan oleh warga negaranya. 

Salah satunya adalah menambah kewaspadaan terutama di jalan yang ramai, area perbelanjaan, tempat ibadah, dan lokasi dengan banyak orang.

Selalu amati keamanan lingkungan, selalu hindari demonstrasi dan pertemuan besar serta selalu waspada saat mengunjungi bank atau ATM.

Pihak Kedubes juga menganjurkan agar warganya di Indonesia tidak menunjukkan tanda-tanda yang bisa menarik perhatian, seperti memakai perhiasan atau jam tangan mahal, dan tidak melawan upaya perampokan secara fisik. Dan juga selalu memantau perkembangan situasi terkini dari berbagai media lokal.

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini