Ternyata Oh Ternyata, Selama Ini Taman Mini Nggak Setor ke Negara, Uangnya Kemana Emang?

Ternyata Oh Ternyata, Selama Ini Taman Mini Nggak Setor ke Negara, Uangnya Kemana Emang? Kredit Foto: Antara/Aprillio Akbar

Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) mengungkapkan jika selama 44 tahun, pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Yayasan Harapan Kita tak pernah setor uang ke kas negara.

Karena hal tersebut, pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), melalui Kemensetneg mengambil alih pengelolaan TMII dari Yayasan Harapan Kita. Baca Juga: Jokowi Beri Komentar Singkat Saat Tahu Putranya Jadi Bos Persis Solo

Menurut Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) Setya Utama, selama 44 tahun mengelola, Yayasan Harapan Kita, tak pernah menyetor pendapatan TMII ke kas negara.

“Selama ini tidak ada ke negara,” katanya kepada wartawan, Rabu (7/4/2021).

“Bisa dikonfirmasi ke Badan Pengelola TMII terkait hal itu,” katanya lagi. Baca Juga: Partai Bu Mega Eluh-eluhkan Jokowi Rebut TMMI, Kalau Keluarga Cendana Dengar, Panas Kupingnya..

Lanjutnya, ia mengungkapkan salah satu alasannya adalah karena pendapatan yang selalu minus selama ini. 

Namun sayangnya, ia tidak merinci perihal tersebut.

“Mungkin karena pendapatannya selalu minus,” ujarnya.

Sementara itu, ia menjelaskan jika setoran ke kas negara telah diatur dalam PP No 23 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum.

Sebelumnnya juga, Setya menjelaskan pengambilalihan pengelolaan ini sudah lama direncanakan usai menerima audit dari sejumlah pihak, salah satunya BPK.

“Jadi ini sudah sejak lama kita memberikan arahan untuk pengelolaan yang lebih baik itu, kemudian ada tim legal audit waktu itu pernah masuk ke sana dari Fakultas Hukum UGM,” jelasnya.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini