Lagi Dihantam Badai, Nggak Lama Lagi Paling Pasukan Jenderal Moeldoko Bubar Sendiri...

Lagi Dihantam Badai, Nggak Lama Lagi Paling Pasukan Jenderal Moeldoko Bubar Sendiri... Kredit Foto: Antara/Endi Ahmad

Pengamat politik Anang Sudjoko menyoroti kondisi Partai Demokrat hasil (KLB) Deli Serdang, Sumatera Utara, yakni kubu Jenderal Purn Moeldoko yang sedang dihantam badai. Hal tersebut usai Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM) Yasonna Laoly memutuskan untuk menolak pengesahan kepengurusan Partai Demokrat pimpinan Moeldoko tersebut.

Anang Sudjoko menilai para inisiator KLB tidak sepenuhnya berada dalam satu ideologi yang sama dengan Moeldoko. Akan tetapi, ia menduga kebersamaan mereka diikat oleh faktor-faktor lain seperti sikap pragmatis atau transaksional.

"Itu bisa diartikan tidak satu keyakinan atau tidak satu ideologi yang sama dengan Moeldoko, tetapi faktor-faktor lain. Bisa alasan yang sangat pragmatis transaksional," ujarnya seperti dilansir dari PojokSatu.id di Jakarta, Kamis (8/4/2021).

Baca Juga: Gertak Moeldoko, Pangeran Cikeas Makin Bertaring, Tak Gentar Lawan Jenderal: Jangan Sampai...

Lanjutnya, ia menilai pelaksanaan KLB di Deli Serdang itu hanya kepentingan segelintir orang.

"Tidak ada nilai atau ideologi yang sangat kuat untuk menggerakkan kudeta. Ini hanya kepentingan segelintir orang sehingga perlu ada rekayasa untuk bisa terkesan masif," ungkapnya.

Menurut dia, kemungkinan besar kubu Moeldoko akan bubar dengan sendirinya jika hanya diikat dengan sikap-sikap pragmatis semata.

"Waktu akan mengujinya. Jika hanya diikat degan kepentingan yang pragmatis maka akan bubar dengan sendirinya," jelasnya.

Namun demikian, ia memprediksi kubu Moeldoko tidak akan menyerah begitu saja untuk memperjuangkan kepentingannya hingga Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kalah.

"Saya kok melihat bisa jadi ada agenda yang akan diteruskan dalam rangka menggerus parpol oposisi," tukasnya.

Baca Juga: Pesimis Lihat Kubu Moeldoko, Pasukan Demokrat Kubu AHY Sinis: Belum Apa-Apa...

Adapun, Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, meyakini pihaknya akan memenangkan 'pertarungan' di pengadilan. Hal itu diungkapkan merespons langkah kubu Moeldoko yang menggugat kepengurusan AHY ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini