Tiba-Tiba... Rocky Gerung Ngaku Siap Debat Anies Baswedan Dkk.

Tiba-Tiba... Rocky Gerung Ngaku Siap Debat Anies Baswedan Dkk. Kredit Foto: Antara/Harry T

Pengamat politik Rocky Gerung menegaskan siap menjadi lawan debat bagi siapa pun yang berambisi untuk maju menjadi calon presiden (capres) pada Pilpres 2024.

Menurut dia, setiap orang yang ingin maju menjadi capres seharusnya berani tampil berbicara di hadapan luas semisal menghadiri talkshow. Dengan demikian, publik bisa menilai cara atau konsep berpikir orang yang ingin maju menjadi capres.

Baca Juga: Bayangkan PKS Menang, Rocky Gerung: Pasti Oligarki Kocar-Kacir

"Saya ingin menjadi sparing partner," kata Rocky saat berbincang dengan Akbar Faizal di chanel Youtube Akbar Faizal Uncencored bertajuk "Rakyat Harus Menguji Isi Kepala Capres 2024: Serial Debat Akbar Faizal-Rocky Gerung" yang di-posting Selasa, 6 April 2021.

Dia mengungkapkan sejumlah nama yang selama ini muncul dalam survei capres, yakni di antaranya Ridwan Kamil, Erick Thohir, Ganjar Pranowo, Agus Harimurti Yudhoyono, Anies Baswedan.

Dari sejumlah nama itu, kata dia, belum ada yang berinisiatif mencari forum untuk berbicara tentang pemikirannya. Misalnya, dengan meminta untuk berbicara dalam talkshow bersama Akbar Faizal.

Menurut dia, talkshow semacam ini bisa menjadi forum untuk menguji ambisinya maju menjadi capres. "Itu fair supaya kelihatan bahwa ambisinya itu memang didasarkan dalam upaya untuk menguji dirinya," ujar akademisi yang dikenal rajin mengkritik pemerintah ini.

Bahkan, lanjut dia, forum talkshow bisa diperluas dengan cara menggelar di kampus-kampus. Dengan demikian, orang akan mengetahui siapa yang berambisi menjadi presiden.

Rocky juga menegaskan ketidaksetujuannya dengan konsep debat capres yang dibuat KPU. Menurut dia, debat capres tidak cukup untuk menguji konsep berpikir capres.

"Saya ingin forum semacam ini diperluas ke kampus, minta diundang supaya dari awal orang tahu dia berambisi. Ambisi dia itu harus diuji dengan berdebat dengan kelompok yang mengerti persoalannya, bukan debat KPU yang bahkan pakai kisi-kisi," kata Rocky.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini