Duta Baca Jawa Barat Jadi Percontohan Nasional

Duta Baca Jawa Barat Jadi Percontohan Nasional Kredit Foto: Rahmat Saepulloh

Program Duta Baca Jawa Barat yang digulirkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Barat menjadi percontohan Nasional dalam meningkatkan minat baca (literasi) masyarakat di tanah air. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Barat, Ahmad Hadadi mengatakan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) sangat mendorong berbagai program dan inovasi para duta baca ini agar mampu menumbuhkan budaya baca terutama di kalangan milenial.  Baca Juga: IPB University Kembali Lakukan Vaksinasi COVID-19 bagi Dosen dan Tenaga Kependidikan

"Perpusnas sangat mendukung program ini bahkan akan menjadi percontohan di tanah air. Duta Baca itu kan anak-anak yang berprestasi kemudian punya minat dalam membaca. Jadi mereka itu sudah dinilai literat artinya sudah senang membaca, punya wawasan yang luas," katanya kepada wartawan di Bandung, Selasa (6/4/2021).

Ahmad menilai edukasi yang paling efektif bisa disampaikan melalui generasinya masing-masing.  Jadi,  dalam rangka menumbuhkan budaya baca di kalangan milenial maka diharapkan duta baca ini bisa berperan signifikan. 

"Sekarang diharapkan bisa ditularkan kepada yang lainnya. Mereka punya misi bagaimana merekrut yang lainnya untuk memiliki minat baca yang kuat," ungkapnya.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini