Pak Din Buka-bukaan Penyebab Teror di Indonesia, Ternyata Oh Ternyata...

Pak Din Buka-bukaan Penyebab Teror di Indonesia, Ternyata Oh Ternyata... Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Ketua Umum Dewan Nasional Pergerakan Indonesia Maju (DN-PIM) Din Syamsuddin, mengungkapkan penyebab teror masih terjadi di Tanah Air.

Menurut dia, penyebab teror ada kaitannya dengan masalah kesalahan dalam memahami agama itu sendiri, non keagamaan, dan faktor internasional.

“Pertama, ada faktor keagamaan yaitu pemahaman yang salah atau gagal paham terhadap agama, terutama terhadap ayat-ayat kitab suci yang kemudian dipelintir sehingga agama dalam konteks terorisme ini disalahgunakan,” ujarnya, dalam acara sarasehan kebangsaan ke-42 DN-PIM bertajuk “Aksi Teror Mengapa Terulang Lagi?”, seperti dilansir rmol, Selasa (6/4).Baca Juga: Curhat Din Syamsuddin dari soal Radikalisme hingga Korupsi Dana Bansos Juliari

Karena itu, ia mengatakan hampir semua agamma selalu ada kelompok yang menyalahgunakan agama tersebut. 

“Dan maaf saya harus katakan, di semua agama selalu ada kelompok yang menyalahgunakan agama untuk tujuan kekerasan atau terorisme,” tuturnya. Baca Juga: Ibu Muda Diamankan Densus 88 di Sukabumi, Diduga Kasus Terorisme

Kemudian, faktor lainnya adalah non agama. Yakni, sosial, ekonomi, politik, yang terutama menyangkut dimensi ketidakadilan.

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini