Asyik! Insentif PPnBM Kendaraan Bermotor Diperluas, Ini Rinciannya

Asyik! Insentif PPnBM Kendaraan Bermotor Diperluas, Ini Rinciannya Kredit Foto: Antara/Aprillio Akbar

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan memperluas cakupan stimulus konsumsi kelas menengah berupa diskon pajak (PPnBM Ditanggung Pemerintah/DTP).

Kemenkeu menilai perluasan cakupan kendaraan bermotor yang mendapat fasilitas diskon pajak perlu diperluas untuk meningkatkan daya dorong kebijakan, baik dalam mengungkit tingkat konsumsi masyarakat maupun memulihkan sektor otomotif.

Kebijakan ini akan menggunakan skema Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah (PPnBM) DTP melalui penerbitan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 31/PMK.010/2021 tentang Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Atas Penyerahan Barang Kena Pajak Yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor Tertentu Yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2021 dan mulai diberlakukan pada April 2021.

Sedangkan untuk daftar kendaraan yang memenuhi ketentuan local purchase, sama dengan yang diatur sebelumnya yaitu mengacu kepada Keputusan Menteri Perindustrian.

Baca Juga: Mobil 2.500 cc juga Bakal Dapat Diskon PPnBM? Ini Jawaban Menkeu

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan dengan penerbitan PMK ini, maka bobot kebijakan stimulus menjadi semakin kuat dan cakupannya semakin luas.

“Pemerintah berharap kebijakan stimulus ini mampu merangsang konsumsi masyarakat khususnya pada produk-produk unggulan industri kendaraan bermotor dalam negeri. Ini penting untuk terus mempercepat ritme pemulihan ekonomi nasional”, ujar Menkeu di Jakarta, Kamis (1/4/2021).

Dia menyebutkan perluasan cakupan ini  dilakukan dengan  merelaksasi persyaratan local purchase menjadi paling sedikit 60% dan menambah segmen kendaraan 4x2 dan 4x4 dengan kapasitas mesin di atas 1.500 cc sampai dengan 2.500 cc.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini