Temuan Awal Menjanjikan tapi Bos WHO Pastikan Asal-Usul Covid-19 Butuh Studi Lanjutan

Temuan Awal Menjanjikan tapi Bos WHO Pastikan Asal-Usul Covid-19 Butuh Studi Lanjutan Kredit Foto: Reuters/Denis Balibouse

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengungkapkan, semua hipotesis tentang asal-usul SARS-Cov-2 penyebab Covid-19 tetap terbuka dan membutuhkan studi lebih lanjut. Hal itu dia sampaikan setelah membaca hasil penyelidikan misi WHO ke Wuhan, China. 

"Semua hipotesis terbuka, dari apa yang saya baca dari laporan, serta memerlukan studi lengkap dan lebih lanjut," kata Ghebreyesus dalam konferensi pers pada Senin (29/3/2021) kemarin. 

Baca Juga: Tim Investigasi WHO Ungkap Virus Corona Punya Inang Perantara karena Temuan...

Sebelumnya Associated Press (AP) berhasil memperoleh salinan draf tentang hasil studi bersama WHO dan China tentang asal-usul SARS-Cov-2 penyebab Covid-19.

Di dalamnya dijelaskan, skenario paling mungkin terkait rantai penyebaran adalah virus dibawa kelelawar, kemudian ditularkan ke manusia lewat hewan lain. Tim mengusulkan penelitian lebih lanjut di setiap area, kecuali hipotesis kebocoran laboratorium.

Para peneliti membuat daftar empat skenario dalam urutan kemungkinan. Mereka menyimpulkan penularan melalui hewan kedua sangat mungkin terjadi.

Mereka mengevaluasi kemungkinan penyebaran langsung dari kelelawar ke manusia. Penyebaran melalui produk makanan "rantai dingin" mungkin terjadi, tapi cukup mustahil.

Kerabat terdekat dari virus penyebab Covid-19 telah ditemukan pada kelelawar, yang diketahui membawa virus corona.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Berita Terkait

Video Pilihan

HerStory

Terpopuler

Terkini