Pejabat Kemensos Simpan Uang Bertumpuk-tumpuk di Apartemen

Pejabat Kemensos Simpan Uang Bertumpuk-tumpuk di Apartemen Kredit Foto: Antara/Aditya Pradana

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pengadaan Bansos sembako Covid-19 pada Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Kemensos Matheus Joko Santoso disebut menumpuk uang tunai di dalam lemari. Hal itu disampaikan Sanjaya, yang merupakan sopir dari Matheus Joko Santoso.

"Perhitungan saya uang di lemari tempel itu Rp3 miliar sampai Rp 5 miliar," kata Sanjaya di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin (29/3).

Sanjaya mengungkapkan, lemari tersebut berada di Green Pramuka Tower Marin, lantai 17, nomor 15, tempat tinggal Matheus Joko dan istrinya Daning Saraswati. Sanjaya mengaku, sering diminta Matheus Joko untuk membawa uang yang dibungkus dalam goody bag atau pun tas ransel.

"Biasanya bapak hubungi saya yang biasanya stand by di ruangan ULP lalu bapak mengatakan 'Ini tolong bawa ke mobil' biasanya sudah terbungkus 'goody bag' atau di dalam tas lalu saya bawa pulang ke apartemen," ungkap Sanjaya.

Sanjaya juga pernah diminta menghitung uang Rp 350 juta yang ia ambil dari lemari. "Bapak suruh saya hitung uang Rp350 juta, bapak kasih kunci apartemen dan kunci kamar ke saya, lemari juga tidak dikunci, saya hitung tanpa ada Pak Joko saat itu lalu saya masukkan tas dan saya serahkan ke asisten pribadi Pak Adi, Mas Taufik," tambah Sanjaya.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini