Ternate Diguncang Gempa dengan Magnitudo 5,3

Ternate Diguncang Gempa dengan Magnitudo 5,3 Kredit Foto: Viva

Gempa bumi dengan magnitudo 5,3 mengguncang wilayah Ternate, Maluku Utara, pada Sabtu malam, 20 Maret 2021, namun belum ada laporan tentang dampak gempa yang terjadi pada kedalaman 11 kilometer itu.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam laman resminya, Sabtu malam, gempa yang berpusat sekitar 55 kilometer Barat Laut ibu kota Provinsi Maluku Utara itu tidak berpotensi tsunami.

BMKG menyebutkan gempa yang terjadi pada pukul 22:02:31 WIB itu berada pada koordinat 1,02 Lintang Utara-126,93 Bujur Timur, dan getarannya dirasakan III MMI di Ternate.

Baca Juga: Gempa 8,1 SR Goyang Selandia Baru, Sirene Peringatan Tsunami Meraung-raung

Sekitar tujuh jam sebelumnya, gempa dengan magnitudo 5,0 telah mengguncang wilayah Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Provinsi Maluku. 

Gempa yang terjadi sekitar pukul 15:26:02 WIB itu berpusat sekitar 240 kilometer Barat Laut Maluku Tenggara Barat pada kedalaman 16 kilometer.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini