AstraZeneca Diragukan, Dengar Dulu Nih Pesan WHO untuk Negara-negara Dunia

AstraZeneca Diragukan, Dengar Dulu Nih Pesan WHO untuk Negara-negara Dunia Kredit Foto: Unsplash/John Cameron

Direktur Badan Kesehatan Dunia (WHO) Eropa Hans Klug mendesak negara-negara melanjutkan penggunaan vaksin COVID-19 AstraZeneca untuk membantu menyelamatkan nyawa pada masa pandemi ini.

Klug mengatakan pada Kamis (18/3/2021), bahwa manfaat vaksin tersebut jauh lebih besar dibandingkan risikonya.

Baca Juga: WHO Dorong Uni Eropa Tetap Gunakan Vaksin AstraZeneca karena...

Ia mencatat bahwa badan pengawas obat-obatan Eropa sedang menyelidiki sejumlah kecil kasus penggumpalan darah, yang dilaporkan terjadi di kawasan itu.

Kasus-kasus itu telah membuat pemerintah belasan negara anggota Uni Eropa memutuskan untuk menghentikan sementara imunisasi COVID-19 dengan menggunakan vaksin AstraZeneca.

"Sampai saat ini, kita tidak tahu apakah beberapa atau semua kondisi disebabkan oleh vaksin itu atau oleh faktor kebetulan lainnya," katanya.

Ia menambahkan, "Namun, untuk saat ini, manfaat vaksin AstraZeneca masih jauh lebih besar daripada risikonya dan penggunaannya perlu dilanjutkan, untuk menyelamatkan nyawa." 

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Berita Terkait

Video Pilihan

HerStory

Terpopuler

Terkini