Jeff Bezos Minggir! Ini Orang Terkaya Sepanjang Sejarah Dunia

Jeff Bezos Minggir! Ini Orang Terkaya Sepanjang Sejarah Dunia Kredit Foto: Unsplash/Puk Patrick

Orang terkaya dunia saat ini adalah pendiri Amazon, Jeff Bezos yang memiliki harta mencapai USD183,8 miliar atau setara dengan Rp2.649 triliun, menurut Forbes. Namun ternyata, harta Jeff Bezos tidak ada apa-apanya dibandingkan orang ini.

Ialah Augustus Caesar, yang terkenal sebagai kaisar Roma yang pertama. Dilansir dari The Richest di Jakarta, Kamis (18/3/21) harta kekayaan Augustus Caesar diperkirakan mencapai USD4,6 triliun atau Rp64.400 triliun!

Baca Juga: Gokil! Lonjakan Kekayaan Taipan Asal India Kalahkan Jeff Bezos hingga Elon Musk

Augustus Caesar dilharikan pada 63 SM dengan nama Gaius Octavius, ia lebih akrab dikenal sebagai Octavianus. Augustus Caesar adalah cucu-keponakan dari Julius Caesar.

Untuk beberapa waktu, Augustus Caesar memiliki keseluruhan Mesir dan melakukan banyak pembangunan infrastruktur. Dengan demikian, Augustus memiliki kendali langsung atas kekayaan yang telah dikumpulkan pemerintahannya.

Bahkan, hasil ekonomi kerajaannya setara dengan 30 persen dari produk domestik bruto dunia, itu berarti dia memiliki sekitar seperlima dari total kekayaan dunia saat itu.

Augustus Caesar menguasai Roma selama lebih dari 40 tahun. Di bawah pimpinannya, militer Romawi dapat menaklukan Spanyol, Swiss, Asia Kecil, dan sebagian besar Balkan. Ia juga dikenal sebagai seorang administrator yang cakap dalam sistem keuangan Romawi, serta sistem militer Romawi yang menjadi kekuatan besar dan sangat berpengaruh.

Sejak tahun 30 SM, Romawi pun mencapai kedamaian di bawah kekuasaan Augustus Caesar. Karena itulah, masyrakat sejahtera dan menjadi masa keemasan bagi karya sastra Romawi. 

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini