Alamak, Polisi-polisi AS Borgol Perempuan yang Ogah Pakai Masker

Alamak, Polisi-polisi AS Borgol Perempuan yang Ogah Pakai Masker Kredit Foto: Reuters/Nicholas Pfosi

Kepolisian Texas mengeluarkan surat penangkapan pada seorang perempuan paruh baya yang menolak memakai masker di dalam bank. Polisi menangkap Terry Wright yang berusia 65 tahun di Bank of America, Galveston, Texas.

Seperti dikutip dari the Guardian, Selasa (16/3/2021) media lokal Galveston County Daily News melaporkan berdasarkan rekaman video kamera tubuh polisi, terdengar petugas meminta Wright memakai masker. Tapi Wright menolaknya dan mengatakan 'kamu mau apa, tangkap saya?'.

Baca Juga: Profesor: Tali Gantungan Masker Hanya Baik untuk Gaya-gayaan, Secara Kesehatan Tidak

Polisi mengatakan, surat penangkapan itu atas dakwaan melawan saat hendak ditangkap dan menerobos properti orang lain. Gubernur Texas Greg Abbott telah mencabut kebijakan mewajibkan pemakaian masker di ruang publik tapi membiarkan bisnis untuk memutuskan sendiri tindakan pencegahan penyebaran Covid-19.

Banyak bisnis yang mempertahankan peraturan yang mewajibkan pelanggan memakai masker. Polisi mengatakan manajer bank menelepon polisi setelah Wright menolak memakai masker dan kemudian menolak meninggal gedung setelah diusir.

Polisi merilis kamera tubuh yang memperlihatkan Wright berdiri di tengah lobi bank dikelilingi konsumen lain yang memakai masker. Wright mengatakan ia ingin melakukan penarika. Polisi memintanya memakai masker atau meninggalkan bank. Ia menolaknya.

"Apa yang akan kamu lakukan, menangkap saya?" katanya.

"Iya, karena menganggu ketertiban," jawab polisi.

"Konyol," tambah Wright.

Wright mengatakan hukum tidak mewajibkannya untuk memakai masker. Petugas lalu mengeluarkan borgol, kemudian ia melangkah pergi dan menuju pintu. Polisi menghentikannya dan memaksanya untuk berbaring di lantai. Setelah diborgol ia mengeluh kakinya cedera.

"Brutalitas polisi terjadi di sini," kata Wright.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini